Kapolres Langkat Pancang Bendera Merah Putih di Makam Perintis Kemerdekaan

275
Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok saat memancangkan bendera Merah Putih di makam Pejuang Perintis Kemerdekaan RI, alm Basri

garudaonline-Langkat | Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini merupakan hasil buah perjuangan dan pergorbanan para pejuang yang harus kita syukuri.

Hal itu ditegaskan Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas T SH SIK dalam amanatnya sebagai inspektur upacara penghormatan arwah pejuang di lokasi pejuang perintis kemerdekaan RI, alm Basri, Minggu (7/11/2021) di TPU Lk Utama Kebun Lada Hinai.

Kapolres juga menegaskan perjuangan yang dilakukan para pendahulu kita semata karena keikhlasan. Walau para pejuang harus berkorban nyawa sekalipun mereka tidak hiraukan.

Untuk itu, tambah Danu, kegiatan diprakarsai Badan Pembudayaan Kejuangan’45 Kabupaten Langkat harus didukung penuh, siapa lagi menghormati para veteran pejuang kalau bukan kita semua.

“Undangan yang dilayangkan kepada saya selaku Kapolres Langkat diminta untuk menjadi inspektur upacara harus saya penuhi,” kata Kapolres.

Dengan jujur pangkat dan jabatan yang saya dapat saat ini tidak lain adalah hasil perjuangan para veteran pejuang kemerdekaan RI.

“Maka, bila saya tidak hadir maka saya merasa berdosa kepada para veteran pejuang,” ujarnya.

Inilah saatnya momentum yang harus kita budayakan menyambut peringatan Hari Pahlawan ternyata masih ada organisasi peduli dan mengingatkan kita semua untuk mengenang jasa-asa para pejuang di Kabupaten Langkat.

“Sekali lagi atas nama Kepolisian RI memberi apresiasi dan dukungan serta ucapan terima kasih kepada Badan Pembudayaan Kejuangan’45 Kabupaten Langkat, Macab LVRI Langkat yang dengan ikhlas melaksanakan kegiatan yang penuh dengan nilai-nilai kejuangan 45,” kata Kapolres.

Usai acara pemancangan bendera Merah Putih ketua Badan Pembudayaan Kejuangan’45 Langkat Drs H Sukhyar Mulianto MSi kepada garudaonline menjelaskan, kegiatan semacam ini sudah kami lakukan sejak awal 2000 lalu, namun sempat terhenti selama 10 tahun.

Untuk itu, tambah mantan ketua PPM Langkat ini ketika estafet diserahkan pada kami, maka penghormatan kepada Veteran Pejuang Kemerdekaan RI yang telah mendahului kita, maka kami laksanakan kembali seperti hari ini (Minggu-red) kita pancangkan bendera Merah Putih di makam alm Basri seorang pejuang perintis kemerdekaan RI.

Kegiatan pemancangan bendera Merah Putih dilaksanakan mulai 6 November 2022 di Kecamatan Bahorok di makan Alm. Abdul Muis dan Wahidin.

7 November 2021 pemancangan kembali dilaksanakan Minggu pagi di pemakaman Tuan Hasyim Isa di Tanjung Pura, siangnya di Hinai dan sorenya di Stabat di makam alm Ismail dan Yatiman

“Sedangkan, pada 8 November 2021 pemancangan dilaksanakan Senin pagi di makam alm Mhd Yahya di Kec Babalan, siangnya di makam alm Legino dan sorenya di makam Mayor Pol (Purn) Abidan Tambunan di Alur Dua Kecamatan Sei Lepan,” jelas Sukhyar.(SLM)

Berita sebelumyaWabup Asahan : Vaksinasi dan Prokes Langkah Ampuh Cegah Covid-19
Berita berikutnyaTim BKSDA Tangkap Harimau yang Resahkan Warga Aceh Selatan