Kapolres Restui Pembentukan Pewarta Polres Langkat

196
Kapolres Langkat diabadikan dengan ketua PWI dan penguerus Pewarta Polres Langkat.

garudaonline-Langkat | Kelompok Kerja (Pokja) Pewarta Polres Langkat besutan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Langkat disetujui.

Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK mengatakan dirinya selalu welcome untuk rekan media. Karenanya, sangat setuju Pewarta Polres Langkat dibentuk.

“Monggo silahkan, saya terbuka ke rekan media,” ungkapnya kepada Ketua PWI Langkat M Darwis Sinulingga dan para pengurus serta anggota PWI Langkat lainnya, saat melakukan kunjungan silaturahmi di Kantor PWI Langkat, Stabat, Jumat (12/11/2021).

Pada kunjungan itu, Kapolres didampingi Kasi Humas Polres Langkat Iptu Joko Sempeno SPdI, Kasat Sabhara Polres Langkat AKP Binsar Pribadi Aritonang SSos dan sejumlah PJU Polres Langkat lainnya.

AKBP Danu berharap, Pewarta Polres Langkat dapat menjadi filter antara wartawan berkompentesi yang sudah bersertifikat dari Dewan Pers dengan wartawan yang belum berkompentesi.

“Saya berterimakasih terbentuknya Pewarta Polres Langkat, ini sangat membantu saya. Karena selama ini saya terlalu welcome, sebab tidak tahu mana yang sudah terverifikasi mana belum,” ungkapnya.

“Harapan saya, Pewarta ini menjadi pintu masuk para rekan wartawan untuk menyeleksi. Jadi saya mohon PWI menjadi pintunya, sebelum ke Polres,” tambahnya berharap.

Sembari menyampaikan, fasilitas yang perlu dilengkapi dalam pengukuhan Pewarta Polres Langkat disampaikan ke pihaknya agar saling bantu mempersiapkannya.

“Apa saja keperluan untuk pengukuhannya, Sampaikan saja ke Kasi Humas nanti kita bantu persiapannya,” tuturnya.

Sementara, Darwis menjelaskan tujuan Pewarta ini untuk tetap menjaga kemitraan antara wartawan dan Kepolisian khususnya Polres Langkat yang selama ini telah terbangun dengan baik.

Sejak Polres Langkat berdiri, telah dibentuk satu kelompok kerja wartawan yang tergabung dalam Wartawan Unit Polres Langkat. Namun belakangan, unit tersebut vakum sehingga komunikasi yang baik selama ini menjadi tersumbat.

“Oleh sebab itulah, di masa kepemimpinan pak Kapolres sekarang kita ingin kembali merajut kebersamaan itu, jelas Darwis yang sempat dipercaya menjadi Ketua wartawan unit Polres Langkat beberapa waktu lalu.

Pewarta ini, kata Darwis, akan mengontrol berbagai informasi yang layak dikonsumsi masyarakat. Misalnya pemberitaan kasus anak, ada rambu dan kode etik yang tidak boleh menulis nama, alamat dan keluarga terdekat yang kita beritakan.

“Selama ini kita lihat banyak pemberitaan tidak sesuai KEJ (Kode Etik Jurnalis), kita ingin mengubah ini,” pungkasnya.

Darwis pun menjelaskan, PWI Langkat beranggotakan wartawan dari media siber, surat kabar, radio dan televisi yang sudah berkompentesi.

Selanjutnya, Ketua PWI Langkat menyerahkan SK Pengurus Pewarta Polres Langkat No.038/PWI-LKT/XI/2021, perihal pembentukan Pokja Wartawan dan Penunjukan Koordinator, tertanggal Stabat 10 November 2021.

Berikut susunan pengurus berserta anggota; Ketua Pewarta Polres Langkat Budi Zulkifli (metrokampung.com).

Sekretaris Pewarta Polres Langkat Doni Syahputra (garudaonline.co.id). Bendahara Pewarta Polres Langkat Sukardi F Bakara (Harian SIB)

Anggota Pewarta Polres Langkat:
1.Misnoadi (medanbisnisdaily)
2.M Wahyudi (Metro 24 jam)
3.Heri Putra Ginting (Harian Analisa)
4.Endang Junaidi (Metro TV)
5.Erwin Syahputra NST (iNewsTV)
6.Taufik Hidayat (TV One)
7.H Imam Fauzi (Antaranews.com)
8.Riyan (axialnews.id)
9.Abdul Hakim (Harian Waspada)
10.M Sejari (inimedan.com)
11.M Darwis Sinulingga (metrolangkat-binjai.com)
12.M Salim (Radio El Sinta)
13.Cipto Warsita (Harian Mimbar Umum)
14.Rudi Dalimunthe (Harian Metro24). (DS)

Berita sebelumyaSampai Akhir 2021, Bupati Targetkan 75 Persen Masyarakat Asahan Tervaksin
Berita berikutnyaPembangunan Kantor Segera Dilaunching, KAHMI Sumut Kunjungi Presidium Nasional