Kecamatan Secanggang Berpotensi Jadi Lumbung Padi di Langkat

176
Hendrik Tarigan SPt MMA

garudaonline-Langkat | Kecamatan Secanggang bukan tidak mungkin jadi lumbung padi di Kabupaten Langkat.

Apalagi para petani di Secanggang telah bersatu dalam wadah Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Langkat, Hendrik Tarigan SPt MMA kepada garudaonline, Senin (14/6/2021) di ruang kerjanya Dinas Ketahanan Pangan Langkat di Stabat.

Lebih jauh Hendrik mengatakan, saat ini Kecamatan Secanggang dapat dikatakan merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Langkat.

Menurut alumnus Snakma Stabat ini, baru-baru ini BPP Kecamatan Secanggang melaksanakan rapat koordinasi bersama gabungan kelompok tani dengan para pengusaha kios pupuk bersubsidi yang langsung dihadirinya.

“Apabila para petani kita dapat mengikuti apa yang telah diberikan oleh para PPL kita bukan tidak mungkin Secanggang punya peluang besar menjadi lumbung padi di Langkat,” jelasnya.

Hendrik, yang saat ini menjabat sebagai Kadis Kanla Langkat mengatakan, Secanggang bis menjadi lumbung padi, bila para petani kita berusaha melakukan pola tertib tanam serentak serta dengan menggunakan pupuk teratur sesuai petunjuk PPL.

Hendrik lebih yakin Secanggang jadi lumbung padi. “Karena itu, pada rakor tersebut para Gapoktan dan pengusaha pupuk bersubsidi sepakat agar Secanggang menjadi lumbung padi di Langkat,” sebutnya.

Terpisah, Surianto SP salah seorang PPL, yang bertugas di Secanggang saat dihubungi garudaonline melalui telepon genggamnya mengatakan, luas areal pertanian di wilayah Secanggang mencapai tigaribu hektar.

“Kalau areal persawahan ini diusahakan para kelompok tani yang ada di Secanggang, saya yakin akan tercapai Secanggang menjadi lumbung padi di Langkat,” kata Surianto.(SLM)

 

Berita sebelumyaAKBP Edi Suranta Sinulingga SIK, Pemimpin yang Dicintai Anggota dan Masyarakat
Berita berikutnyaSei Bilah Langkat Masuk Nominasi Kelurahan Terbaik Sumut