Kejatisu dan Forwaka Gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Jurnalis

126
Kajatisu IBN Wiswantanu saat memberikan sambutan

garudaonline – Medan | Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) bersama Forum Wartawan Kejaksaan (Forwaka) menggelar pelatihan Peningkatan Kemampuan Jurnalis Seiring Perkembangan New Media di Aula Lantai III Kantor Kejati Sumut, Jalan AH Nasution, Medan Johor, Jumat (9/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Kepala Kejati Sumut (Kajati Sumut) Ida Bagus Nyoman (IBN) Wiswantanu mengajak jurnalis agar melakukan tugas tidak hanya mengedepankan kecepatan, tapi juga harus profesional, akurat dan berimbang.

“Insan pers adalah mitra kejaksaan untuk menyampaikan informasi terkait penegakan hukum dan pers memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat,” ujar Kajati Sumut.

Dia menambahkan, seiring dengan pesatnya perkembangan zaman, insan pers khususnya dari media elektronik dan online saat ini berhadapan dengan tuntutan dalam hal kecepatan menyajikan berita kepada masyarakat.

Karena itu, IBN mengajak para wartawan agar senantiasa profesionalitas dan mengedepankan kode etik jurnalistik saat menjalankan tugas peliputan berita.

“Yang penting dicermati kode etik jurnalistik. Karena IT terus berkembang banyak berita yang memuat berita online. Terkadang ada juga media yang membuat berita bohong yang bisa menyesatkan pembaca,” tambahnya.

Kajati Sumut mengungkapkan, sangat penting bagi semua wartawan meningkatkan profesionalisme. Untuk itu, segenap insan pers memahami batas-batas kebebasan pers tersebut.

Di sisi lain, Kajati Sumut menjelaskan, terkait pemberitaan hukum yang penanganannya yang masih dalam tahapan penyelidikan (lid) maupun penyidikan (dik). Wartawan harus berhati-hati saat menuliskan beritanya. Sebab, ada beberapa hal yang belum bisa disampaikan karena masih proses.

“Bukan berarti pelit informasi. Namun di dua tahapan itu, ada hal-hal yang belum bisa terungkap kepada publik melalui rekan-rekan media. Nanti ada saatnya ketika perkaranya digelar di pengadilan,” jelas IBN.

Setelah itu, Ketua Forwaka Sumut Martohap Simarsoit berkesempatan memberikan ulos kepada Kajati Sumut didampingi Wakajati Sumut Agus Salim dan Asintel Dwi Setyo Budi Utomo.

“Ini bukan hadiah atau pemberian, tapi simbol penghargaan dan penghormatan atas kepedulian pak Kajati Sumut terhadap wartawan yang bertugas di Kejati Sumut,” ucap Martohap.

Acara peningkatan kemampuan jurnalis menghadirkan pemateri Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut H Hermansjah yang diwakili Ketua Bidang Pendidikan Rizal Rudi Surya dengan materi; Menggugat Profesionalisme Wartawan.

Kemudian, ada jurnalis bernama Septianda Perdana membawakan materi; Jurnalis Multimedia di Era Digitalisasi dan DR Eka Nugraha selaku Koordinator di Bidang Intel dan Aspidum Sugeng Riyanta.

(rd)

Berita sebelumyaL300 Seruduk Truk di Tol Belmera, 2 Orang Tewas
Berita berikutnyaNabrak Istri Pimpinan KY Sumut Hingga Meninggal, Sopir Truk Divonis 4 Tahun