Kemenkum HAM Sumut Harap Forwakum Sumut Sajikan Informasi Berimbang

130
Kakanwil Kemenkum HAM Sumut Imam Suyudi berfoto bersama pengurus dan anggota Forwakum Sumut

garudaonline – Medan | Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum HAM) Sumut, Imam Suyudi didampingi Plt Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS), Erwedi Supriyatno menerima audiensi dari Forum Wartawan Hukum (Forwakum) di Ruang Muladi, Kamis (14/10/2021).

Dari perwakilan Forwakum Sumut dihadiri langsung oleh Ketua Aris Rinaldi Nasution, Sekretaris Ansah Tarigan, Bendahara Reza Daeng, Penasehat Tuah Armady Tarigan (Opung), Divisi Kesenian dan Olahraga, Gita Nadia Putri Tarigan, Humas Jepri Zebua serta Divisi Perkembangan Organisasi Abimanyu.

Dalam audiensi tersebut, Kakanwil Kemenkum HAM Sumut, Imam Suyudi berharap keberadaan Forwakum Sumut dapat memberikan kontribusi nyata dalam penyajian informasi yang berimbang bagi masyarakat.

“Peran media penting sebagai kontrol sosial bagi kami dalam pelaksanaan tugas dan fungsi demi penyelenggaraan pemerintahan yang terbaik. Demi menjamin pelayanan berjalan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan memberikan layanan yang terbaik. Namun, diharapkan informasi yang disajikan berimbang,” ucap Imam Suyudi

Dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Bidang Hukum dan HAM, Imam mengaku jajarannya sering dihadapkan dengan berbagai tantangan. Tidak terlepas dari peran serta wartawan. Ke depan, wartawan diminta dapat menyajikan informasi yang berimbang sehingga masyarakat mendapat informasi yang jelas dan tepat kebenarannya.

Tidak hanya pelayanan di Bidang Pemasyarakatan, Imam menegaskan bahwa jajarannya juga memberikan pelayanan Keimigrasian seperti layanan paspor dan izin tinggal, pelayanan hukum dan HAM seperti pengharmonisasian dan perencanaan produk hukum daerah, fasilitator bantuan hukum, penegakan HAM, kekayaan intelektual dan sebagainya.

Melalui audiensi ini, Ketua Forwakum Sumut, Aris Rinaldi Nasution mengaku pihaknya berkomitmen turut membangun dan menyiarkan berita yang layak tanpa rekayasa atau hoax. Terlebih dalam layanan Pemasyarakatan.

Aris meyakini bahwa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) yang dulunya dikenal penjara saat ini fokus dalam memberikan pembinaan hingga warga binaan dapat kembali ke masyarakat.

“Tentunya kita berterima kasih dengan diterimanya audiensi ini. Kami ingin bersinergi dengan Kanwil Kemenkum HAM Sumut dalam penyajian informasi, terlebih dalam menyampaikan layanan pemasyarakatan yang memberikan pembinaan bagi warga hunian,” ujarnya.

(RD)

Berita sebelumyaPerdana, Kementerian Pertanian Lepas Ekspor Pakan Ternak asal Sumut
Berita berikutnyaAgunkan Emas Palsu Senilai Rp 2,3 Miliar, Suami Istri Jadi Tersangka