Kepala BNNK Aceh Selatan : Sekitar 213 Ribu Warga Aceh Terpapar Narkotika

169
Kepala BNNK Aceh Selatan Nuzulian SSos, saat membuka workshop penguatan insan media

garudaonline-Aceh Selatan | Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Aceh Selatan, Nuzulian SSos mengungkapkan, sekitar 213 ribu warga Aceh terpapar narkotika.

Ke-213 warga Aceh tersebut terdiri dari 83 ribu masyarakat dan 130 ribu pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Data ini merupakan hasil survei LIPI dan Universitas Syahkuala Banda Aceh pada 2019, yang akan diperbaharui dalam kurun waktu dua tahun.

Nuzulian mengungkapkan hal itu pada sambutannya saat membuka workshop penguatan kapasitas insan media dalam mendukung program, Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN), Rabu (22/9/2021).

Dalam workshop sehari yang dikuti 30 jurnalis dari berbagai media yang bertugas di wilayah Kabupaten Aceh Selatan berlangsung di Aula Hotel Dian Rana Tapaktuan.

Nuzulian mengharapkan melalui workshop, para insan pers turut menjadi corong dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Aceh Selatan.

Sebab, lanjutnya, wilayah Kabupaten Aceh Selatan dengan garis pantai sepanjang 192 kilometer yang berbatas langsung dengan Samudera Hindia, sangat rentan dengan masuknya narkoba.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Setdakab Erwiandi SSos dan Kepala Dinas Kominfo dan Sandi Aceh Selatan, Munharsyam SE dalam paparannya minta wartawan memberikan edukasi tentang bahaya narkoba dalam tulisannya.

Untuk aspek hukum terkait penyalahgunaan narkoba disampaikan narasumber dari Polres Aceh Selatan, Iptu Rizal SE, yang juga Kapolsek Tapaktuan.

Iptu Rizal mengatakan, peran insan media sudah tertuang dalam UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Untuk itu, peran aktif rekan-rekan wartawan sangat dibutuhkan dalam upaya mewujudkan KOTAN,” pungkasnya. (HSP)

Berita sebelumyaPWI Binjai dan Pewarta Beri Plakat Kenangan kepada AKBP Romadhoni Sutardjo
Berita berikutnya‘Spanduk’ dan ‘Buk Sisi’, Inovasi Pemkab Langkat untuk Layani Masyarakat