Kepala Puskesmas Hutaimbaru Terjaring OTT Tim Saber Pungli Polda Sumut

243
Foto ilustrasi

garudaonline – Medan | Kepala Puskesmas Hutaimbaru, Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Her SKM dilaporkan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Polda Sumut, Senin (9/8/2021).

Selain Her SKM, polisi juga mengamankan Bendahara BPJS di puskesmas KDR, Kepala Tu Puskesmas, YSH dan seorang tenaga harian lepas/staf Tu puskesmas dan juga penerima bantuan operasional kesehatan (BOK), SSH.

Berdasarkan informasi diperoleh, OTT itu terkait adanya dugaan pungutan liar (Pungli) dan pemerasan terhadap bidan desa dengan penerimaan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) pada setiap puskesmas di Kabupaten Paluta.

“Iya benar,” aku Pelaksana Harian (Lakhar) Kasubbid Penmas Polda Sumut Kompol Muridan, Selasa (10/8/2021) sekira pukul 08.30 WIB.

Saat ini, sambung dia, keempat orang tersebut sedang menjalani pemeriksaan. “Sudah diamankan oleh Ditreskrimsus dan masih diperiksa,” katanya.

Dalam OTT tersebut turut diamankan barang bukti sejumlah Rp13.900.000. “Ada barang bukti juga yang disita,” terangnya.

Diketahui, adanya pemungutan dan pemerasan terhadap bidan desa yang menerima BOK dilakukan oleh Kepala Puskesmas (Kapus). Masing-masing bidan desa menerima jumlah BOK bervariasi dikisaran Rp1,5 – Rp2,7 juta. Pemotongan sampai dengan 80 persen dari jumlah yang diterima.

Apabila bidan desa tidak memberikan sejumlah yang diminta dari BOK tersebut maka rekening yang bersangkutan diblokir atau uang yang diamprah/gaji tidak bisa diambil karena diblokir oleh operator BOK. Sampai saat ini, BOK yang telah diberikan dan diterima adalah sampai triwulan I hingga III.

OTT ini berdasarkan Surat Perintah Tugas Saber Pungli Polda Sumut No. Sprin/24/VII/2021/UPP/.SUMUT tanggal 1 Agustus 2021.

Berita sebelumyaPolda Jatim Gelar Vaksinasi Merdeka Semeru 5000 Dosis Bagi Penyandang Disabilitas dan ODGJ
Berita berikutnyaUngkap 45 Kg Sabu, Sat Narkoba Polres Labuhanbatu Selamatkan 450 Ribu Jiwa