Ketua DPRD Langkat : Veteran Hidup di Bawah Garis Kemiskinan

382
Pujianto SE, mewakili ketua DPRD Langkat saat memancangkan bendera Merah Putih di Makam Veteran Pejuang Kemerdekaan RI

garudaonline-Langkat | Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini merupakan warisan’ para pejuang.

Menyambut Hari Pahlawan banyak yang menghormati para veteran. Namun dalam kenyataannya para veteran yang masih ada hidup di bawah garis kemiskinan.

Hal itu ditegaskan Ketua DPRD Langkat dalam amanatnya yang dibacakan Pujianto SE, yang bertindak sebagai inspektur upacara pemancangan bendera Merah Putih di Makam Veteran Pejuang Kemerdekaan RI, Senin (8/11/2021) di TPU Sei Bilah Barat Kec Sei Lepan.

“Selanjutnya, perlu kita ketahui bersama, perjuangan dan pengorbanan para pejuang yang telah mempertaruhkan nyawa mempertahankan kedaulatan NKRI, perlu terus dikenang sepanjang masa,” ujarnya.

Kalau dulu para pejuang melawan penjajah dengan senjata sederhana, sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk kita saat ini berjuang melawan pandemi Covid-19.

“Untuk itu, mari kita mengingat perjuangan di masa dulu karena tanpa adanya perjuangan di masa dulu sudah dipastikan kita tidak akan dapat menikmati nyamannya kemerdekaan seperti saat ini,” imbaunya.

Di sisi lain, ketua DPRD Langkat mengajak semua elemen masyarakat untuk dapat kiranya menghargai dan menghormati jasa dan perjuangan yang telah dilakukan para veteran pejuang kemerdekaan Indonesia.

Sebelum tahun ini datang, para veteran dihargai banyak orang, namun itu hanya sekadar penghargaan saja dan pada kenyataan yang ada para veteran hidup di bawah garis kemiskinan dan juga tidak mendapatkan hak-hak mereka sebagai salah satu pejuang nasional.

“Maka dengan ini kita berharap Pemkab Langkat kiranya dapat memberikan berupa penganugerahan kehormatan, memberikan tunjangan tambahan bagi para veteran serta memenuhi hak-hak lannya, tegas ketua DPRD Langkat.

Di akhir amnatnya, ketua DPRD Langkat mengajak mari kita tunjukkan kontribusi kepada bangsa dengan menjadi pahlawan masa kini, yang memiliki empati untuk menolong sesama.

Semoga kegiatan diprakarsai Badan Pembudayaan Kejuangan’45 Kabupaten Langkat ini tidak hanya pemancangan bendera Merah Putih semata, tapi perlu juga disentuh para ahli warisnya dengan memberikan berupae bingkisan atau lain sebagainya.

Atas nama DPRD Kabupaten Langkat mengucapkan terima kasih kepada ketua Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan’45 Kabupaten Langkat besetta seluruh pengurus dan terkhusus orang tua kami LVRI Langkat yang telah melaksanakan kegiatan ini mulai dari kecamatan Bahorok, Stabat, Hinai, Tanjung Pura, Babalan dan Sei Lepan.

“Semoga kegiatan ini akan menggugah kita semua untuk ambil bagian dalam upaya menghormati para pejuang, baik yang masih ada atau telah mendahului kita semua,” ujarnya.

Selanjutnya kegiatan yang sama juga dilakukan di Makam Veteran Legino di Puraka I Pertamina. Bertindak sebagai inspektur upacara Danramil 13/PB.

Sedangkan, di makam Mayor Pol (Purn) Abidan Tambunan di Alur Dua Kecamatan Setu Lepan bertindak sebagai inspektur upacara Kapolsek Pangkalan Brandan.

Hadir dalam upacara penghormatan kepada arwah pejuang Macab LCRI Langkat H Muliadi, Ketua DHC45 Langkat Drs H Sukhyar Mulianto MSi beserta pengurus, Camat Babalan, Camat Sei Lepan, Danramil 13/PB besetta anggota dan ahli waris.(SLM)

Berita sebelumyaBupati Lantik 27 Pejabat Eselon III dan IV Pemkab Langkat
Berita berikutnyaTiga Terdakwa Korupsi Kredit Macet Rp 35,1 Miliar Jalani Sidang