Ketua DPRDSU : Pemkab Karo Harus Berinovasi Maksimalkan Potensi Unggulan

187

garudaonline-Karo | Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mendorong Pemkab Karo untuk terus berinovasi dengan memaksimalkan potensi daerah unggulan pegunungan (dataran tinggi) yang tidak dimiliki daerah atau negara lain, sehingga bisa dikelola secara maksimal untuk merebut pasar nasional dan internasional.

“Kabupaten Karo masih memiliki potensi yang belum dikembangkan, sehingga perlu dilakukan inovasi baru,” ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Senin (8/3/2021) di DPRD Sumut, usai menghadiri rapat paripurna DPRD Karo dalam agenda peringatan Hari Jadi ke-75 Kabupaten Karo.

Menurut Baskami, langkah strategis yang perlu dilaksanakan dalam membangun Karo, yakni dengan memanfaatkan keunggulan dimiliki “Bumi Turang”, guna meraih peluang yang tersedia.

“Kekuatan Kabupaten Karo yang utama, yakni potensi daerah yang datar walaupun berada di pegunungan (dataran tinggi) tidak dimiliki daerah atau negara lain, sehingga bisa dikelola secara maksimal untuk merebut pasar nasional dan mancanegara,” katanya.

Di samping itu, tambah politisi senior PDI Perjuangan Sumut ini, Kabupaten Karo memiliki alam indah dan udara sejuk serta dekat dengan pintu gerbang internasional (Bandara Internasional Kualanamu), menambah minat arus kunjungan wisatawan, jika daerah itu dikelola dengan manajerial yang baik.

“Dengan demikian, potensi pengembangan agribisnis dalam kawasan agropolitan dataran tinggi Karo dan pengembangan pariwisata melalui agrowisata dan ekowisata, serta membangun kerjasama dengan pihak luar, pasti sangat menggairahkan,” katanya.

Namun demikian, Baskami mengingatkan, janganlah strategi membangun Karo ini kembali ‘dibongkar-pasang’ setelah pimpinan berganti. Alangkah baiknya strategi yang sudah dirancang dengan baik serta anggaran sudah disiapkan untuk membangun Karo, tetap dilanjutkan.

“Jangan kemudian strategi yang sudah bagus diganti, hanya karena beda pimpinan.
Pola pikir seperti ini wajib kita ubah, agar Karo bisa lebih maju lagi,” terang Baskami sembari mengingatkan Bupati terpilih Corry Br Sebayang, agar tetap melanjutkan program kerja dianggap baik hasil rancangan Bupati Terkelin Brahmana.

Sebelumnya, pada peringatan Hari Jadi ke-75 Kabupaten Karo, Baskami didampingi Bupati Terkelin Brahmana SH MH melakukan ziarah tabur bunga di makam pejuang Kemerdekaan RI Mayor (Purn) Selamat Ginting alias Kilap Sumagan di Makam Pahlawan Kabanjahe.

Ditegaskan Baskami, perjuangan para pendahulu bangsa jangan pernah dilupakan. “Sebab tanpa mereka, seluruh masyarakat Indonesia tidak akan pernah menikmati hasil kemerdekaan dari para penjajah,” ujarnya.(UJ)

Berita sebelumyaDua Kelompok Warga Bentrok, Warung Pulsa Dirusak dan Dijarah
Berita berikutnyaPolsek Medan Helvetia Sita Belasan Tas Hasil Pencurian