Layanan Tes Covid-19 Bandara Internasional Kualanamu Ditingkatkan

204

garudaonline – Medan l PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Internasional Kualanamu, Sumut terus melengkapi fasilitas layanan tes Covid-19. Mulai 1 Juli 2021 layanan RT-PCR dan RT Antigen yang berada di Lantai Mezzanine Bandara Internasional Kualanamu yang dikelola oleh Farmalab hadir melayani pengguna jasa bandara.

Pengguna jasa dapat melakukan registrasi dan memesan/booking tes layanan tersebut melalui aplikasi Farmalab. Sebagai langkah antisipasi apabila pengguna jasa tidak memiliki smartphone, telah disediakan help desk untuk melakukan pelayanan secara manual.

Sebelumnya Bandara Internasional Kualanamu memiliki Layanan Drive Thru dan Walk In yang dikelola PT Sumatera Siberia Kompaniya yang berada di Area Parkiran A dan Layanan Genose C-19 yang dikelola Farmalab berbasis Digital yang berada di Atrium Lantai 1 Bandara Internasional Kualanamu.

Executive General Manager Heriyanto Wibowo mengatakan peningkatan layanan Tes Covid-19 di Bandara Internasional Kualanamu berkat koordinasi yang baik antara stakeholder di bandara termasuk PT Angkasa Pura II (Persero), Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes), dan Maskapai sehingga layanan tes Covid-19 di Bandara Internasional dapat berjalan dengan lancar.

“Bandara Internasional Kualanamu memiliki 3 alternatif pilihan tes COVID-19 untuk mendukung dan memudahkan calon penumpang pesawat memenuhi persyaratan kesehatan sebelum melakukan penerbangan, serta sebagai upaya PT Angkasa Pura II (Persero) dalam mendukung penerbangan sehat di tengah pandemi,” katanya, Kamis (1/6).

Fasiltas layanan Tes Covid-19 di Bandara Internasional Kualanamu dioperasikan oleh pihak ketiga yang memiliki keahlian dan kompetensi di bidang tersebut.

Berdasarkan Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 12 tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi COVID-19, tercantum: Pelaku perjalanan transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan, atau hasil negatif tes GeNose C19 di bandar udara sebelum keberangkatan sebagai syarat persyaratan perjalanan dan mengisi e-HAC Indonesia.

Berikut daftar lengkap Layanan Tes Covid-19 di Bandara Internasional Kualanamu
1.Layanan RT-PCR dan RT-Antigen Drive Thru & Walk In Operated by PT Sumatera Siberia Kompaniya
Jam Operasional :
Setiap Hari Pukul 04.00-21.00 WIB
Lokasi : Area Parkiran A
Biaya :
RT-PCR Rp 900.000
RT-Antigen Rp 180.000

2.Layanan Tes Genose C19 Operated by Farmalab
Jam Operasional :
Setiap Hari Pukul 07.00-15.00 WIB
Lokasi : Atrium Lantai 1
Biaya : Rp 40.000

3.Layanan RT-PCR & RT-Antigen Operated by Farmalab
Jam Operasional :
Setiap Hari Pukul 04.00-20.00 WIB
Lokasi : Lantai Mezzanine
Biaya :
RT-PCR Rp 800.000
RT-Antigen Rp 200.000

(Nor)

Berita sebelumyaBerkas Kasus Jual Beli Vaksin Dikirim ke Kejaksaan
Berita berikutnyaPoldasu Semprotkan Desinfektan di Kawasan Padat Penduduk