Listrik di Sumut Surplus, Daya Cadangan Capai 1.346 MW

219

garudaonline – Medan | Kondisi kelistrikan di Sumut mengalami surplus dengan daya cadangan sebesar 1.346 MW yang dapat langsung dimanfaatkan oleh para investor di Sumatera Utara (Sumut).

“Per Maret 2020, PLN Sumut memiliki total kapasitas daya mampu sebesar 3.056 MW dengan beban puncak 1.831 MW, dengan daya sebesar 143 MW dikirim ke Aceh,” kata General Manajer PLN UIW Sumut Irwansyah Putra melalui Manajer Humas Jimmy Amanda Aritonang, Minggu (28/2/2021).

Jimmy mengatakan ke depannya di Sumut, akan ada penambahan pasokan total sebesar 6.229 MW hingga tahun 2.028. PLN siap mendorong pertumbuhan investasi di Sumut.

“Saat ini ada 1.346 MW yang siap untuk dimanfaatkan para pengusaha, dan tidak berhenti di sini. Ke depan kami juga akan menambah pasokan hingga total 6.229 MW secara bertahap hingga tahun 2.028, dan itu mayoritas EBT. Ini menunjukkan keseriusan kami dalam membangun kelistrikan di Sumut,” jelasnya.

Melihat kondisi itu, tambah Jimmy, maka tidak ada lagi defisit listrik di Sumut. Pemadaman listrik yang ada bukan karena kekurangan daya tetapi karena gangguan dari faktor alam seperti pohon tumbang karena angin kencang yang menimpa jaringan dan binatang yang tersengat listrik dan lainnya.

“Karenanya, kami mengimbau kepada masyarakat atau warga mengizinkan petugas yang melakukan perambasan pohon di dekat jaringan supaya ketika ada angin kencang tidak menyebabkan gangguan listrik,” urainya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan rencananya, Senin (1/3) akan dilaksanakan serah terima jabatan General Manajer (GM) dari Irwansyah Putra kepada Pandapotan Manurung.

Irwansyah Putra yang sebelum GM UIW Sumut ditugaskan menjadi GM Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Irwansyah Putra digantikan Pandapotan Manurung yang sebelum GM Unit Distribusi Lampung.

“Rencananya sertijabnya di kantor pusat PT PLN (Persero),” ungkapnya sembari menyatakan pergantian GM ini,  merupakan momentum guna terus meningkatkan pelayanan untuk masyarakat dan menjaga kelistrikan di Sumut.

Pada kesempatan itu juga disampaikan Susunan Kepengurusan Persatuan Wartawan Listrik (PETIR) terdiri dari

Dewan Pengarah/Pembina :

Rifki Warisan (Medan Pos)

Sahat Simatupang (Tempo)

Hendrik  (MetroTV)

Ahmad Rizal (Medan Merdeka.com)

Pengurus Harian :

Ketua  Umum      :  Amru Lubis  (Harian Analisa)

Wakil Ketua         :  M Syafii Sitorus (Orbit Digital)

Sekretaris           :   Said Ilham (INews)

Wakil Sekretaris  :   Ucok Iswandi (Eksis News)

Bendahara            :  Irene L Simanjuntak (mediaselektif.com)

Wakil Bendahara  :  Doni (Metro24)

1. Bidang Humas dan lembaga :

Rifandi (TVRI)

Wahyudi (Okezone)

Amsal Asril (Elshinta FM)

2. Bidang Pelatihan dan Pendidikan :

Irsan Mulyadi (Antara)

Zainul Abdi Nasution (Oke Medan)

Tomo (Kumparan)

3. Bidang Bakti Sosial :

Cuk Arbianto (SCTV)

Ahmad Prayudha (Jaringan News)

Sarwo Edhie Nertaya (Mimbar Rakyat.com)

4. Bidang Program  dan Digital:

Farida Noris (CNN)

Fahmi (TVONE)

Ismail Haska (KISS FM)

(Nor)

Berita sebelumyaCity Aman ! MU, Chelsea, Liverpool Rebutan Empat Besar
Berita berikutnyaAhmad Fauzan Daulay : Gubsu Jangan Hanya Perhatikan Proyek Mercusuar