Makam Dato’ Jhohan Pahlawan Dipancang Bendera Merah Putih

539
Ketua DHC BPK-45 Langkat Drs H Sukhyar Mulianto MSi saat melakukan pemancangan merah putih di makam pejuang RI

garudaonline-Langkat | OK Muhammad Lia alias Dato’ Jhohan Pahlawan, pejuang kemerdekaan RI mendapat kehormatan pemancangan bendera merah putih dari besi menyambut hari kemerdekaan ke-76 RI, Sabtu (14/8/2021) di Besitang.

Kegiatan pemancangan diawali dengan upacara, Pelda Ngatimin bertindak sebagai Inspektur dan Sertu S Hasugian bertindak sebagai komandan upacara dari Koramil 14 Besitang.

Inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan, salah satu cara menghormati jasa para pahlawan adalah dengan menghargai pengorbanan para pejuang.

Tanpa mereka kita tidak bisa hidup bebas seperti yang kita jalani saat ini. Secara jujur pangkat yang kami dapat tidak terlepas buah hasil pejuang terdahulu.

Karena itu, atas nama Koramil 14 Besitang mengucapkan terima kasih kepada Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan’45 Kabupaten Langkat.

“Sebab, telah memberikan penghargaan kepada alm OK Muhammad Lia dan OK Amiruddin atas pemancangan bendera merah putih di pusara pejuang kemerdekaan yang ada di kecamatan Besitang,” kata Peltu Ngatimin.

Usai upacara dilanjutkan pemancangan bendera merah putih di makam pejuang OK Muhammad Lia dan OK Amiruddin.

Usai pemancangan salah seorang cucu pejuang Desi Nazlianti yang ditemui garudaonline seputar kisah perjuangan atoknya menjelaskan, Dato’ OK Muhammad Lia salah satu pejuang yang ada di Besitang.

Perlawanannya terhadap Belanda membuat dirinya menjadi incaran belanda. Namun pada suatu hari dato’ kami akhirnya tertangkap Belanda dan diasingkan ke Bengkalis Riau.

“Akhirnya terdengar kabar oleh teman seperjuangannya, bahwa OK Muhammad Lia telah meninggal di tangan Belanda,” ungkap Desi.

Karena itu, di Kampung Lama ditabalkan nama OK Muhammad Lia menjadi nama jalan, begitu juga areal tanah miliknya diwakafkan untuk membangun masjid yang diberi nama Masjid Dato’ Jhohan Pahlawan juga nama sekolah yang ada di Kampung Lama.

Upacara pemancangan dihadiri Camat Besitang, Polsek dan Koramil Besitang, Ketua LVRI Langkat, Ketua LVRI Besitang, Ketua dan Pengurus DHC BPK-45 Langkat. (SLM)

Berita sebelumyaKapolri Imbau Warga Medan Terpapar Covid-19 Dirawat di Isoter
Berita berikutnyaWarga Asahan Antusias Ikuti Gebyar Vaksinasi Merdeka Polda Sumut