Mendagri Dorong Pemda Percepat Vaksinasi Jelang Tahun Baru 2022

333
Mendagri Tito Karnavian dan Menkes Budi Gunadi Sadikin disela Rakor dengan Kepala Daerah terkait Kesiapan Penanggulangan Pandemi Covid-19 masa Nataru dan Penanganan Varian Omicron melalui Video Conference, Senin (27/12/2021).

garudaonline – Jakarta | Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendorong pemerintah daerah (Pemda) melakukan percepatan vaksinasi menjelang tahun baru 2022.

Hal itu disampaikan Mendagri dalam Rapat Koordinasi dengan Kepala Daerah terkait Kesiapan Penanggulangan Pandemi Covid-19 masa Nataru (Natal dan Tahun Baru) dan Penanganan Varian Omicron melalui Video Conference, Senin (27/12/2021).

Rapat koordinasi tersebut turut dihadiri oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

“Percepatan vaksinasi, nanti Bapak Menkes menyampaikan itu, tapi intinya kira-kira rekan-rekan sekalian hari ini kami melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh daerah dan kita minta kepala daerah masing-masing mem-follow up apa yang sudah disampaikan,” kata Mendagri.

Sementara itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, vaksinasi mesti dipercepat. Pengalaman Indonesia pada akhir tahun akan diikuti oleh kenaikan jumlah kasus Covid-19 yang cukup tinggi. Apabila pada akhir tahun ini pandemi bisa dikendalikan, artinya Indonesia sudah melangkah jauh ke depan.

Menghadapi Nataru, Mendagri juga meminta masyarakat untuk menghindari pantangan-pantangan tertentu. Misalnya, tidak boleh ada kerumunan melebihi 50 orang, tidak ada perayaan, pawai, arak-arakan, pesta kembang api, hingga pembatasan kuota restoran dan mal. Selain itu penerapan PeduliLindungi juga tetap harus dijalankan.

“Intinya adalah kita mengelola pandemi di masa Nataru, Natal dan Tahun Baru, karena kita tahu Nataru ini ada potensi kerumunan masyarakat, mobilitas yang tinggi, sehingga kita tidak ingin seperti tahun lalu terjadi lonjakan, bagi kita ini adalah pertaruhan betul,” tandas Mendagri.

(rel/wan)

Berita sebelumyaEmpat Hari Menuju Pergantian Tahun, Kemendagri Ingatkan Kepala Daerah Segera Lantik Pejabat Fungsional
Berita berikutnyaHindari Lonjakan Kasus di Tahun Baru, Mendagri : Kolaborasi Kunci Pengelolaan Pandemi