Meras !! Oknum LSM Forum Komunikasi Masyarakat Pesisir Terjaring OTT

419
Kompol M Firdaus memaparkan ungkapan kasus pemerasan modus penggunaan dana BOS TA 2020 oleh tersangka Ismanto. (garuda/ist)
Kompol M Firdaus memaparkan ungkapan kasus pemerasan modus penggunaan dana BOS TA 2020 oleh tersangka Ismanto. (garuda/ist)

garudaonline – Medan l Sat Reskrim Polrestabes Medan meringkus pria bernama Ismanto (41) warga Jalan Marelan III, Kelurahan Rengas Pulo, Kecamatan Marelan.

Ismanto ditetapkan sebagai tersangka karena terlibat pemerasan terhadap Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Tanjung Morawa inisial RS.

Dalam pengungkapan tersebut petugas mengamankan barang bukti uang tunai Rp9.900.000. Kini tersangka dijerat Pasal 369 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol M Firdaus dalam keterangan persnya, Rabu (29/12/2021) menjelaskan tersangka mengaku dari LSM Forum Komunikasi Masyarakat Pesisir dan mengirimkan surat pada Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Tanjung Morawa.

“Isi surat tersebut penggunaan dana BOS TA 2020. Lalu korban RS menyuruh saksi agar menanyakan apa maksud surat tersebut pada tersangka. Selanjutnya tersangka mengancam dan meminta uang pada pelapor. Jika tidak diberikan maka tersangka mengancam bahwa polisi dan jaksa turun tangan,” ujar Kompol M Firdaus.

Lanjut Firdaus, atas ancaman tersebut pelapor merasa khawatir lalu melaporkannya ke Polrestabes Medan.

“Tersangka dan pelapor sepakat bertemu di salah satu kafe di kawasan Percut Seituan. Kemudian pelapor menyerahkan uang pada tersangka. Enggak lama anggota kita menangkap tersangka. Tersangka dan barang bukti langsung kita bawa ke Polrestabes Medan,” tutur Firdaus.

Soal motif dari kasus tersebut, dia mengatakan bahwa tersangka ingin mendapatkan keuntungan.

“Motifnya mendapatkan keuntungan,” tutupnya. (DOD)

Berita sebelumyaJelang Akhir Tahun, Harga Bahan Pokok di Langkat Alami Kenaikan
Berita berikutnyaFITK UIN SU Medan Kukuhkan 505 Guru Profesional Bersertifikat