Nakes Suntik Vaksin Kosong, Dinkes Medan : Sudah Ditangani Polisi

239
Ilustrasi.
Ilustrasi.

garudaonline – Medan l Polisi masih mendalami kasus tenaga kesehatan yang diduga menginjeksi suntikan tanpa cairan vaksin ke murid Sekolah Dasar (SD) Wahidin, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Taufik pun buka suara mengenai masalah itu.

Menurut Taufik, kegiatan itu bukan program yang dilakukan Pemko Medan. Selain itu, vaksinasi di SD tersebut merupakan gawean Polsek Medan Labuhan dengan tenaga kesehatan dan vaksinator yang mereka undang sendiri.

“Iya soal vaksinasi yang diduga kosong itu terjadi di SD Wahidin yang dilaksanakan Polsek Medan Labuhan di bawah Polres Belawan. Kabarnya sekarang sedang mereka telusuri dan penyelidikan,” kata Taufiq, Jumat (21/1/2022).

Menurut Taufiq, tenaga kesehatan yang bertugas sebagai vaksinator di acara tersebut bukan berasal dari Dinkes Medan.

“Nakes mereka sendiri yang undang. Saya cek bukan dari puskesmas kita atau fasiltas kesehatan punya pemerintah,” lanjut Taufiq.

Taufiq juga mengaku sudah berkoordinasi langsung dengan Wali Kota Medan, Bobby Nasution terkait hal ini.

“Saya sudah kontak Pak Wali dan menjelaskan yang sebenarnya terjadi. Memang ini jadi atensi tinggi Pak Wali agar benar-benar diusut. Sebab Pak Wali sangat mengkhawatirkan warganya,” pungkas Taufiq.

Diketahui, video seorang vaksinator yang diduga menginjeksi suntikan tanpa cairan vaksin ke murid Sekolah Dasar (SD) beredar. Peristiwa itu terjadi di SD Wahidin, Jalan Komodor Laut Yos Sudarso Kilometer 16, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Sumut.

Vaksinator yang mengenakan pakaian berwarna maroon dan rompi hijau hitam tengah mengeluarkan suntikan dari segel kertas. Setelah itu, tenaga kesehatan itu menarik sedikit ujung tuas spuit dan menginjeksi ke lengan sebelah kiri murid SD itu. Akan tetapi, suntikan itu tak berisi cairan vaksin alias kosong. (NOR)

Berita sebelumyaPolrestabes Medan Serahkan Tersangka Korupsi Pengadaan HT ke Kejari Medan
Berita berikutnyaIrjen Ferdy Sambo Beri Penghargaan pada Personel Propam Polda Jatim