Pekuburan Pantai Cermin Sepi Peziarah Ceng Beng

561

garudaonline – Pantai Cermin l Ditengah pandemi Covid-19,kegiatan ziarah kubur atau Ceng Beng di pekuburan Dusun I, Desa Pantai Cermin Kiri,Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), sepi dari peziarah.

Sejak Minggu (21/3),warga keturunan Tionghoa dari dan luar Kabupaten Sergai,Propinsi Sumatera Utara (Sumut), masih sedikit yang datang malaksanakan ziarah kubur guna mendoakan arwah leluhur.

“Dampak virus Corona, Ceng Beng yang hampir sepekan ini,sunyi. Dari luar Sergai banyak yang nggak datang. Semoga Minggu depan ramai yang datang,” kata Ketua panitia Pekuburan Tionghoa Pantai Cermin Cen Hui,Rabu (24/3).

Sebelum pandemi Covid-19,sambung Cen Hui, biasanya dalam sepekan,warga Tionghoa sudah ada yang datang sekitar seribu orang yang melakukan Ceng Beng ke lokasi perkuburan Tionghoa Pantai Cermin.

Peziarah yang datang dari luar Kabupaten Sergai itu,diantaranya ada yang dari Kota Jakarta,Bandung,Medan dan Surabaya,bahkan juga dari negara Jiran seperti Singapura dan Malaysia.

“Di perkuburan Tionghoa Pantai Cermin ini,ada sekitar 2000 lebih kuburan.Warga Tionghoa melakukan ritual upacara penghormatan,misalnya membersihkan kuburan,menebarkan dan membakar kertas yang dikenal dengan Ginc”,tandas Ketua panitia tersebut.

Terpisah,anggota DPRD Sergai Meryanto ditemui usai melakukan ziarah kubur atau Ceng Beng, Rabu (24/3) mengatakan,pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir ini,sangat berpengaruhi terhadap kegiatan Ceng Beng yang dilaksanakan oleh warga Tionghoa.

Walaupun jumlah peziarahnya menurun,warga Tionghoa masih bisa melaksanakannya. Untuk dihimbau kepada warga Tionghoa yang akan melakukan Ceng Beng di perkuburan Tionghoa agar mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes).

Mengedepankan prokes itu yakn memekai masker,mencuci tangan dan menjaga jarak “Kita harus bersyukur masih bisa melaksanakan ziarah kubur. Saya berharap agar peziarah tetap mengutamakan prokes dan datanglah hari biasa,” tegas Meryanto alias A Som selaku anggota DPRD Sergai.(RYAD)

Berita sebelumyaDinas Pariwisata Langkat dan Provsu Sosialisasi Sadar Wisata di Sei Bingai
Berita berikutnyaKodam I/BB Siap Rekrut 3.500 Personel Komcad Matra Darat