Polda Sumut dan Telkom Kerja Sama Pelayanan Call Center 110

149

garudaonline – Medan l Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra didampingi Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto, dan PJU menerima audiensi PT Telkom Regional I Sumatera di ruang perjamuan Lantai II Mapolda Sumut, Jumat (26/3/21).

Audiensi ini dalam rangka pemberlakuan layanan darurat kepolisian dengan nomor tunggal secara nasional transformasi operasional di bidang Harkamtibmas sebagai bagian program prioritas Kapolri

Irjen Pol Panca mengatakan, Polda Sumut telah mengadakan barang dan peralatan untuk infrasturktur nomor telepon tunggal 110 dan telah meminta kepada Kadiv TIK Polri agar alat tersebut segera diinstal.

“Tugas PT Telkom adalah mengecek jaringan dan menyiapkan agar sistem bisa masuk. Tugas kami dari Polri menyediakan alat dan operator. Kita juga akan mengaktifkan, tidak hanya dari PT Telkom tapi juga penyedia jasa lainnya,” sebutnya.

Khusus untuk 6 Polres jajaran, Polda Sumut telah menginstruksikan agar Kabid TIK Polda Sumut segera membuat lisensi dengan pimpinan, sehingga Call Center 110 bisa berjalan.

Nomor telepon tunggal 110 merupakan salah satu harapan masyarakat sebagai kecepatan aparat kepolisian dalam melayani masyarakat ketika mengalami permasalahan.

“Saya minta agar Karo Ops Polda Sumut membuat SOP Pelayanan kepada masyarakat melalui Nomor 110 serta Kabid Humas Polda Sumut untuk terus melakukan sosialisasi Nomor Tunggal 110 kepada masyarakat melalui media sosial. Lakukan juga himbauan agar masyarakat tidak menggunakan nomor 110 sebagai sarana prank,” tegas jenderal bintang dua tersebut.

Selain itu, operator juga harus dilakukan pelatihan untuk melakukan respon yang baik sehingga dapat terbangun kepercayaan oleh masyarakat.

“Saya berharap PT Telkom dapat mendukung sepenuhnya Program Nomor Tunggal 110 Pelayanan Polri dan pelaksanaannya di lapangan dapat dirasakan dengan baik oleh masyarakat,” harapnya

Sementara, EVP Telkom Regional I Sumatera, Machsus menyebutkan, pada dasarnya PT Telkom sangat mendukung penuh dan mensupport dalam implementasikan Nomor Tunggal 110.

Untuk kesiapan jaringan Telkom secara keseluruhan sudah masuk, namun ada beberapa Polres yang akan disinkronkan dengan Polda. Kerjasama ini juga telah dikoordinasikan dengan Kepala PT Telkom jajaran kabupaten dan kota.

“Kami juga telah membuat sistem pintar bagi masyarakat yang melakukan prank terhadap Nomor 110, maka akan otomatis diblokir setelah melakukan prank sebanyak 2 kali,” tegas Machsus. (DED)

Berita sebelumyaDensus 88 Sita 500 Kotak Amal di Deliserdang
Berita berikutnyaPlt Wali Kota Binjai Hadiri Rakor BPKP Sumut