Poldasu akan Panggil Mantan Bupati Labusel sebagai Tersangka

238

garudaonline – Medan | Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat Reskrimsus Polda Sumut masih mengintensifkan penyidikan kasus dugaan korupsi Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Mantan Bupati Labuhan Batu Selatan (Labusel), Wildan Aswan Tanjung (WAT) akan dipanggil untuk dimintai keterangan dalam status sebagai tersangka.

“Langkah selanjutnya akan dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap tersangka dan mengirimkan berkas perkara,” kata Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan melalui telepon seluler, Sabtu (27/3/2021).

Namun, Nainggolan mengaku tidak tahu waktu pemanggilan WAT, karena belum mendapat informasi akurat dan merupakan kewenangan penyidik. Dia hanya menuturkan, berkas perkara dugaan korupsi DBH PBB dengan tersangka Wildan Aswan Tanjung akan secepatnya dikirim ke kejaksaan jika sudah rampung.

Terkait rencana pemanggilan WAT tersebut, Nainggolan berharap tersangka dapat hadir. Jika mangkir, bisa saja dilakukan upaya membawa paksa karena sudah berstatus tersangka.

Sebelumnya, Subdit III Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut, menetapkan dua tersangka kasus dugaan korupsi DBH PBB di Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel).

Penetapan tersangka dilakukan penyidik berdasarkan adanya kerugian negara, yang terjadi di tahun 2013-2015 dengan total sebesar Rp 1,9 miliar.

Selain itu, penetapan tersangka juga berdasarkan hasil gelar perkara internal yang dilakukan penyidik maupun keterangan dari saksi ahli. Tidak tertutup kemungkinan ada tersangka lain, jika ditemukan alat bukti pendukung.

(DED)

Berita sebelumya14.034 Personel Polda Sumut Sudah Divaksin
Berita berikutnyaSerah Terima Pengurus BKM Nurul Huda Medan Selayang