Poldasu Pastikan Kondisi Sumut Aman Pasca-Bom Bunuh Diri Makassar

176

garudaonline – Medan | Kepolisian Daerah Sumatera Utara (POldasu) memastikan situasi kamtibmas di Sumatera Utara (Sumut) pasca-ledakan bom di Makassar cukup kondusif.

“Situasi kamtibmas di Sumut cukup kondusif,” kata Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Hadi Wahyudi, Minggu (28/3/2021).

Hadi mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik menyikapi peristiwa ledakan bom di kota Makassar dan mempercayakan penanganannya kepada Kepolisian.

“Tingkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar, galakkan kembali keamanan lingkungan, fungsikan RT RW sebagai deteksi awal di lingkungan terkecil, wajibkan 1×25 jam tamu pendatang wajib lapor. Selalu berinteraksi dengan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di desa atau kelurahan masing-masing dalam mengantipasi aksi teror, dan laporkan sekecil apapun yang mencurigakan kepada polsek terdekat atau aparat kemanan lainnya,” imbaunya.

Hadi mengungkapkan, Polda Sumut telah memerintahkan seluruh kepala satuan wilayah (kapolsek, kapolres ) untuk memperketat pengamanan setiap markas komando (mako), tempat umum, dan rumah ibadah. Menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) mengantisipasi terjadi aksi teror.

“Sistem pengamanan yang sudah berjalan selama ini agar diperketat dan dilaksanakan dengan benar,” ujarnya.

Dijelaskannya, sistem pengamanan yang dilaksanakan dengan melakukan pemeriksan kepada setiap orang yang tidak dikenal saat mendatangi mako.

“Tingkatkan kewaspadaan pengamanan dalam mengantisipasi terjadinya aksi teror,” pungkas Hadi.

(DED)

Berita sebelumyaBrimob Polda Sumut Optimalkan Patroli Gereja di Binjai
Berita berikutnyaBKM Muslimin Peringati Isra’ Miraj 1422 H dan Santuni Anak Yatim