Polres Madina Ringkus Bandar Narkoba Jaringan Lintas Provinsi

199
Kapolres Mandailing Natal AKBP Horas Tua Silalahi (2 dari kanan) merilis barang bukti sabu dan ganja yang disita dari sindikat narkoba jaringan lintas provinsi

garudaonline – Madina | Polres Mandailing Natal (Madina) meringkus bandar narkotika jenis ganja kering dan sabu-sabu di beberapa lokasi. Seluruh bandar dan pengedar narkoba yang ditangkap merupakan bagian dari jaringan peredaran narkoba lintas provinsi.

Kasus pertama, personel meringkus seorang warga Desa Huta Tinggi Kecamatan Panyabungan Timur dengan Inisial ALS (34) pada Senin 24 Mei 2021 di Desa Huta Tinggi Kecamatan Panyabungan Timur dan berhasil mengamankan barang bukti berupa daun ganja kering siap edar seberat 6 Kg.

Terhadap ALS diterapkan Pasal 114 Ayat 2, Subs Pasal 111 Ayat 2 UU RI NO 35 Tahun 2009 tentang Penyalahgunaan Narkotika, dengan ancaman pidana paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun denda minimal Rp 1 miliar dan maksimal 10 miliar.

Kemudian petugas menggagalkan pengiriman narkoba jenis daun ganja kering ke arah Sumatera Barat. Tim Res Narkoba Polres Madina melakukan pengejaran dan mengamakan 1 unit mobil avanza merah No Pol BB 1198 RB, yang sedang mengangkut daun ganja kering siap edar.

Penangkapan yang berlangsung di depan Rumah Makan Paranginan Desa Kayu Laut Kecamatan Panyabungan Selatan pada Sabtu 29 Mei 2021. Di sana petugas menangkap 2 tersangka yakni AM (40) warga Kelurahan Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan dan HD (34) warga Sibulan-bulan Padang Matinggi Kota Padang Sidimpuan. Dari tersangka disita barang bukti 32 ball daun ganja kering, 20 plastik klip kecil sabu- sabu dengan berat ± 2,81 gram.

Kedua tersangka dijerat dengan Pasal 115 Ayat 2, Pasal 114 Ayat 2, Pasal 111 Ayat 2, Pasal 112 Ayat 1, Jo Pasal 132 Ayat 1 UU RI NO 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun, denda minimal Rp 1 miliar dan maksimal Rp 10 miliar.

Tek berhenti di situ, Satresnarkoba Polres Madina juga meringkus bandar narkoba jenis sabu-sabu di Desa Malintang Jae Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal. Dari tangan tersangka HL (36) Warga Desa Malintang Jae yang diringkus pada Selasa 1 Juni 2021 dapat diamankan barang bukti berupa sabu-sabu seberat ± 34,99 gram dan uang tunai senilai Rp1.200.000.

“HL ini merupakan residipis narkoba dimana sebelumnya juga telah pernah menjalani hukuman akibat penyalahgunaan narkoba,” kata Kapolres Mandailing Natal AKBP Horas Tua Silalahi, Kamis (24/6/2021)

Kemudian Satres Narkoba Polres Madina menggagalkan peredaran narkoba jenis daun ganja kering siap edar yang dibawa oleh Anton (31) warga Desa Huta Bangun Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal.

Dari tangan tersangka diamankan daun ganja kering seberat 4,25 Kg yang diangkut menggunakan sepeda motor Honda Beat Putih dengan No Pol BK 4001 OAF.

(Nor)

Berita sebelumyaKapolri, Jaksa Agung, Menkominfo Tandatangani SKB Pedoman Implementasi UU ITE
Berita berikutnyaPanglima TNI, Kapolri hingga Menkes Tinjau Vaksinasi Massal Jelang HUT Bhayangkara