Polrestabes Surabaya Ringkus 3 Anggota Sindikat Narkoba, 13,4 Kg Sabu Disita

182
Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, S.H., S.I.K didampingi Kasat Narkobanya Kompol Daniel Marunduri (kanan) merilis barang bukti sabu yang disita dari tiga anggota sindikat narkoba yang berperan sebagai kurir

garudaonline – Surabaya | Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Surabaya di bawah pimpinan Kasat Narkobanya Kompol Daniel Marunduri, S.H., S.I.K., M.H berhasil meringkus tiga anggota sindikat narkotika dan obat/bahan berbahaya (Narkoba) yang berperan sebagai kurir.

Ketiga tersangka, seorang di antaranya wanita ditangkap di lokasi dan waktu yang berbeda. Dari penangkapan itu, polisi menyita total barang bukti narkotika jenis sabu seberat 13.394,78 gram atau 13,4 kilogram.

“Satu tersangka wanita berinisial SR (42) kita tangkap di depan rumah kos, Jalan Pakis, Surabaya,” kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, S.H., S.I.K didampingi Kasat Narkobanya Kompol Daniel Marunduri, Selasa (24/8/2021).

“Sementara itu dua orang lagi tersangka, KA (38) dan SP (47) masing-masing ditangkap di Perumahan Menganti Permai, Kabupaten Gresik dan pintu Tol Warugunung, Surabaya,” Yusep menambahkan.

Lebih lanjut, perwira menengah Polri lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1996 ini menjelaskan, dari penangkapan SR pihaknya menyita barang bukti sabu seberat 2,6 kilogram.

“SR ini berperan sebagai kurir dan telah 5 kali diberi ‘pekerjaan’ oleh seseorang bandar berinisial BP melalui anak buahnya AR dan EK, untuk mengambil ranjauan sabu dengan upah Rp10 juta sekali mengambil.”

“Rencanya, narkotika jenis sabu tersebut akan dikirim kepada pemesannya atas perintah BP dengan sistim ranjau. Jumlah narkotina jenis sabu yang telah diedarkan oleh tersangka seberat 10 kilogram,” papar Yusep.

Sedangkan tersangka KA, sambung Yusep, ditangkap di sebuah rumah kawasan Menganti Permai, Kabupaten Gresik. Dari KA disita barang bukti sabu sebanyak 10 bungkus atau seberat 650,8 gram.

“Tersangka KA ini juga perannya sebagai kurir dan telah berkali-kali mengambil sabu yang ranjau oleh seorang bandar berinisial IL di wilayah Wonocolo dengan imbalan uang sebesar Rp10 juta sekali mengambil ranjauan sabu.”

“Tersangka KA bekerja dengan IL sejak April 2021 dan sudah mengedarkan narkotika jenis sabu di wilayah Surabaya sebanyak lebih kurang 3 kilogram,” terang Yusep.

Terakhir tersangka SP ditangkap di Pintu Tol Warugunung, Surabaya pada Senin (2/8/2021) lalu dengan barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 10 bungkus seberat 10.000 gram.

Terhadap ketiga tersangka hingga saat ini masih dilakukan pemeriksaan. Mereka dipersangkakan dengan Pasal 114 ayat (2) Subs Pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman manimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

(iwan)

Berita sebelumyaPeringati HUT ke-23, DPW PAN Sumut Santuni 100 Anak Yatim
Berita berikutnyaSita 13,4 Kg Sabu, Sat Narkoba Polrestabes Surabaya Selamatkan 150 Ribu Jiwa