RS Adam Malik Tambah Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Derajat Berat

124

garudaonline – Medan l Ruang rawat isolasi pasien Covid-19 dengan status derajat berat di RSUP H Adam Malik Medan saat ini telah penuh (full). Karena itu, pihak rumah sakit kembali menambah ruang rawat isolasi pasien Covid-19 dengan status derajat berat.

“Untuk derajat berat memang full,” kata Kasubbag Humas RSUP HAM Rosario Dorothy Simanjuntak, Jumat (7/5/2021).

Dia menyebutkan kondisi tersebut sudah terjadi sejak 2 pekan yang lalu. Karena, pasien terkonfirmasi Covid-19 terus meningkat, maka RS Adam Malik melakukan penambahan 12 ruangan.

“Justru itu baru saja kami tambah 12 ruangan. Tadinya hanya 26 tempat tidur saja. Jadi total 38 ruangan. Tapi saat ini semuanya ruangan untuk derajat berat sudah penuh,” sebutnya.

Sedangkan untuk ruang rawat untuk pasien derajat sedang, Rosa menyebutkan saat ini masih ada ruangan. “Total tempat tidur Covid-19 di sini 173” ucap Rosa.

Dia menyebutkan, banyaknya pasien Covid-19 dirawat saat ini karena banyak rumah sakit daerah yang merujuk ke RS Adam Malik. “Banyak pasien rujukan,” ujar dia.

Untuk itu, dalam mengatasi persoalan saat ini yakni fullnya ruangan rawat isolasi pasien Covid-19 dengan status derajat berat, pihak RS Adam Malik meminta kepada rumah sakit lain untuk mengkonfirmasi terlebih dulu.

“Makanya kita selalu tekankan agar RS lain ketika ingin merujuk pasien covid dengan derajat berat agar konfirmasi dulu, via telepon SPGDT atau aplikasi sisrute,” jawab dia.

Seperti diketahui, fullnya rawat isolasi pasien Covid-19 dengan status derajat berat, sudah terjadi sejak Senin (26/4/2021).

“Total ruangan untuk pasien dengan derajat kritis/berat yang sebanyak 26 ruangan memang full,” sebut Rosa saat itu. (NOR)

Berita sebelumyaBank Mandiri Area Balai Kota Salurkan Bantuan ke Panti Asuhan di Langkat
Berita berikutnyaPDAM Tirta Wampu Bangun Boster untuk Tingkatkan Pelayanan Air Bersih