RSUP HAM Siagakan Pelayanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2022

125

garudaonline – Medan | Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) menyiagakan layanan dan tenaga kesehatan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit milik Kementerian Kesehatan itu akan bersiaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kegawatdaruratan selama liburan.

“Meskipun Natal dan Tahun Baru 2022 jatuh pada hari libur Sabtu, dan pemerintah juga sudah membatalkan cuti bersama, namun kami tetap menyiagakan pelayanan kesehatan 24 jam bagi masyarakat melalui IGD,” kata Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP HAM Rosario Dorothy Simanjuntak, Jumat (24/12).

RSUP HAM telah menugaskan tiga dokter spesialis secara on-site (di tempat). Ketiganya adalah dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anestesi, dan dokter spesialis anak. Mereka akan bertugas sesuai dengan jadwal jaga, bersama dengan dokter umum, perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

“Selain itu, kami juga menyiapkan dokter spesialis obgyn (kandungan) dan dokter spesialis bedah yang akan bertugas secara on-call (panggilan) jika ada kasus kesehatan terkait yang membutuhkan tenaga dan keahlian mereka. Dokter spesialis lainnya juga siap dipanggil (on-call) sesuai kebutuhan pelayanan,” ucap Rosario.

Tak hanya itu, pelayanan hemodialisa, pelayanan kemoterapi dan poliklinik metadon tetap dibuka untuk pasien yang sudah didaftarkan sesuai dengan jadwal masing-masing. Untuk pasien dari rumah sakit lain bisa dirujuk ke RSUP HAM melalui aplikasi Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (Sisrute) dan call center 061-8363000 selama 24 jam.

Sementara itu, pelayanan poliklinik di instalasi rawat jalan dan poli eksekutif akan tutup seperti biasa pada hari Sabtu-Minggu, dan dibuka kembali pada hari kerja. Namun, rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini telah menyiapkan obat-obatan dan segala kebutuhan lainnya untuk menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan pasien.

Rosario juga mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Terutama disiplin dalam memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, meskipun sedang berkumpul bersama keluarga dalam suasana Natal dan Tahun Baru 2022.

“Jangan lupa protokol kesehatan tetap dijaga, dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Harapannya, kasus Covid-19 di Sumatera Utara khususnya dan di Indonesia pada umumnya agar terus melandai,” bebernya.

(Nor)

Berita sebelumyaASN Ogah Divaksin, Mendagri Saran Tunda Pembayaran Tunjangan Kinerja
Berita berikutnyaCegah Realisasi APBD pada Akhir Tahun, Kemendagri Imbau Daerah Lakukan Pengadaan Dini