Samosir Diguncang 184 Kali Gempa Swarm

501
Ilustrasi. BMKG beri penjelasan gempa swarm yang terjadi di Samosir, gempa dengan magnitudo kecil namun frekuensi yang sering terjadi. (AFP PHOTO / ROMEO GACAD)

garudaonline – Medan | Gempa bumi lokal mengguncang Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara sebanyak 184 kali kejadian dalam empat bulan terakhir.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) mencatat rentetan gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi tipe gempa kerumunan atau gempa swarm.

Analis Pusat Gempa Regional I ( PGR 1) Medan, Endah Puspita Sari menyebutkan gempa swarm di Kabupaten Samosir terjadi sejak 18 Februari 2021 hingga 19 Mei 2021. Gempa swarm ini meskipun magnitudonya kecil akan tetapi cukup intensif.

“Berdasarkan hasil analisa PGR 1, kejadian gempa bumi Samosir sampai tanggal 19 Mei 2021 pukul 09:00 WIB tercatat 184 kejadian. Variasi kejadian gempa bumi dikategorikan dalam gempa dangkal dan sangat lokal. Istilah ini kita sebut dengan swarm yaitu frekuensi gempa yang sering terjadi dalam skala kecil. Berdasarkan sumber kegempaan Samosir ini diasumsikan dike swarm,” jelasnya.

Rentetan gempa bumi di Samosir ini memiliki magnitudo terkecil 0,8 dengan kedalaman 2 km yang terjadi pada 19 April 2021. Sedangkan magnitudo terbesar mencapai 3,9 yang terjadi pada 15 Maret 2021 dengan kedalaman 5 km.

“Khusus untuk pagi ini hingga pukul 09.00 WIB tercatat sebanyak 8 kali kejadian gempa swarm di Samosir. Sedangkan untuk satu hari kemarin totalnya sebanyak 24 kali kejadian,” pungkas Endah.

Namun begitu, Endah mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak perlu panik dengan kejadian gempa swarm di Kabupaten Samosir.

“Untuk gempa bumi swarm ini memang diperlukan kajian lebih lanjut. Tapi masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak perlu panik. Silakan akses situs atau konfirmasi ke BMKG jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut,” urainya.

(Nor)

Berita sebelumyaTes Pentahapan Calon Taruna Akpol Transparan dan Prokes Ketat
Berita berikutnyaOmbudsman Tinjau Pelayanan Kedatangan WNA di Bandara Kualanamu