Sat Narkoba Polrestabes Surabaya Gagalkan Peredaran Sabu 20,5 Kg

143
Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo, S.I.K., M.H (tengah) didampingi Kasat Narkoba Kompol Daniel Marunduri, S.I.K., M.H (kiri) merilis barang bukti sabu 20,5 kilogram berikut lima tersangka

garudaonline – Surabaya | Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Surabaya di bawah pimpinan Kasat Narkobanya Kompol Daniel Marunduri, S.I.K., M.H berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis sabu-sabu seberat 20,5 kilogram.

“Sabu-sabu tersebut disita dari 5 anggota sindikat narkotika yang diduga berperan sebagai kurir,” kata Wakapolrestabes Surabaya AKBP Hartoyo, S.I.K., M.H., didampingi Kasat Narkoba Kompol Daniel Marunduri, S.I.K., M.H, Jumat (25/6/2021).

“Mereka adalah CL (22) warga Cipayung, Jakarta Timur, FH (25) warga Kuningan, EK (38) warga Sidoarjo, MA (34) warga Bandung dan seorang wanita berinisial CH (30) warga Bandung, Jawa Barat. Kelimanya diduga jaringan lintas provinsi antara Jawa dan Sumatera,” Hartoyo menambahkan.

Dijelaskan, pengungkapan sindikat narkotika jenis sabu seberat 20,5 kilogram ini merupakan hasil tindak lanjut informasi dari masyarakat yang menyebutkan bakal ada pengiriman sabu dari Medan ke Surabaya.

Mendapat informasi tersebut, Kasat Narkoba Polrestabes Surabaya Kompol Daniel Marunduri, S.I.K., M.H langsung membentuk tim untuk melakukan penyelidikan terkait informasi masuknya sabu ke wilayah hukumnya.

Hasil penyelidikan, polisi berhasil menangkap dua tersangka masing-masing CH dan MA. Keduanya ditangkap di Rest Area Jalan Tol Mojokerto Surabaya dengan barang bukti 10 paket kemasan teh hijau berisi narkoba jenis sabu seberat kurang lebih 10,5 kilogram.

“Setelah mengamankan CH dan MA, kita lalu melakukan pengembangan dan berhasil menangkap tersangka CL. Dari situ kita kembangkan lagi ke tersangka FH dan EK. Total barang bukti dari penangkapan ini 20,5 kilogram sabu,” papar Hartoyo.

Dikesempatan yang sama, Kasat Narkoba Polrestabes Surabaya Kompol Daniel Marunduri, S.I.K., M.H menambahkan bahwa semua narkotika yang berhasil diamankan merupakan barang dari Medan yang akan diedarkan di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

“Untuk pengiriman mereka menggunakan kendaraan, ini ada dua mobil yang pertama kita tangkap Toyota Camry warna hitam dan yang kedua Honda Jazz,” kata Daniel.

Lebih lanjut mantan Kapolsek Delitua dan Kapolsek Sunggal, Polrestabes Medan ini menjelaskan, selain sabu 20,5 kilogram pihaknya juga menyita barang bukti 8 unit HP, 3 ATM, 3 bandel plastik klip, 1 timbangan dan 1 unit mobil Honda Jazz serta 1 unit mobil Toyota Camry.

“Terhadap para tersangka kita persangkakan dengan Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Subs Pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman pidana paling tinggi pidana mati,” ujar mantan Wakasat Narkoba Polrestabes Medan ini.

(wan)

 

Berita sebelumyaPlt Wali Kota Waris Thalib : Selain Narkoba, Musuh Kita Covid-19
Berita berikutnyaKadisdik Ilyas Sitorus : Operator Sekolah Garda Terdepan PPDB Online