Semarakkan Tahun Baru Islam, BKM Masjid Al Amin Gelar Zikir dan Tausiyah

127
Zikir dan tausiyah di Masjid Al Amin Pulu Ara Geudong Teungoh Bireuen. (garudaonline/ Suherman Amin)

garudaonline–Bireuen | Pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Al Amin Pulo Ara Geudong Teungoh, menggelar zikir menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1443 H di Masjid Al Amin Jalan Medan-Banda Aceh simpang Desa Pulo Ara, Senin (9/8/2021) malam.

Ketua BKM Masjid Al Amin, Teungku Muhammad Nazir menyebut, dalam rangkaian kegiatan menyemarakkan Tahun Baru Islam melaksanakan zikir, doa bersama dan tausiyah sudah rutini setiap tahun.

“Dan, tahun ini menghadirkan penceramah Ustaz Muzakkir yang akrab disapa Tgk Madinah dari Kota Lhokseumawe,” sebut Teungku Muhammad Nazir.

Pelaksanaannya, kata Muhammad Nazir, zikir bersama usai Salat Magrib, ba’da Isya dilanjutkan dengan tausiyah yang turut dihadiri jemaah tetap Masjid Al Amin dan juga masyarakat Pulo Ara Geudong Teungoh sekitarnya.

Tgk Madinah dalam tausiyahnya menyampaikan, sepanjang masa selalu ada pergantian tahun yang dimaknai dan diartikan berbeda-beda, tergantung cara masing-masing orang merayakannya.

Tahun Hijriyah adalah bagian penting dan tak terpisahkan dari tarikh Islam yang merupakan tonggak sejarah Islam, dan kebangkitan Islam menemukan momentum tepat dan dapat dilihat, satu demi satu pemberlakuan syari’at secara bertahap diwahyukan.

Hijriah mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa optimisme yang tinggi menegakkan aqidah di tengah budaya jahiliyah adalah perjuangan berat yang mengandung semangat persaudaraan.

Tgk Madinah menjelaskan, melalui hijrah Rasullullah hendaknya dapat menjadikan momentum 1 Muharram untuk berubah dari buruk ke arah lebih baik, dari kebiasaan buruk menjadi baik.

Perubahan perilaku memerlukan ikhtiar yang dimulai dengan niat, termasuk memaknai pergantian tahun baru Islam 1 Muharram 1442 H, yang sudah berlalu dan kini 1 Muharram 1443 Hijriyah datang. Semua berjalan mengikuti waktu yang selalu berubah.

Prosesi perjalanan Rasul Allah dengan sahabatnya Abubakar yang sangat setia dalam perjuangan Islam, penuh makna diharapkan menjadi contoh regenerasi ke hijrah mudah–mudahan lebih bagus dalam perubahan akhlakul karimah.

“Mari sama-sama memaknai kegiatan memperingati Tahun Baru 1443 H dengan penuh makna dan perjuangan melakukan perubahan perilaku ke arah lebih baik demi memajukan Islam,” pungkas Teungku Madinah. (HERA)

Berita sebelumyaPemkab Bersama dan Kapolres Kodim 0203/ Langkat Rakor dengan Gubsu
Berita berikutnyaWabup : Tidak Ada Zona Merah di Kabupaten Langkat