Sempat Hilang, 3 Nelayan di Nias Ditemukan Selamat

72
Tiga nelayan yang hilang ditemukan dengan selamat

garudaonline – Medan | Pencarian tiga orang nelayan Desa Hilimaetaniha, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara membuahkan hasil. Ketiga nelayan tersebut sempat hilang usai kapal yang mereka tumpangi diterjang ombak.

“Tiga nelayan yang hilang kemaren sudah ditemukan dengan selamat,” kata Humas Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Nias Asanimu Waruwu, Minggu (31/10/2021).

Tiga nelayan yang sempat hilang tersebut yakni, Hazogamo Wau (59), Setia Wau (38) dan Hati Wau (59). Mereka ditemukan pada Kamis (28/10/2021) di seputaran perairan Pulau Biang.

“Saat kapal yang ditumpangi tim pencarian tiba dan sandar di tangkahan warga Pulau Telo, diterima info dari Kadis Perikanan bahwa boat dan nelayan telah ditemukan dan dievakuasi oleh boat nelayan yang melintas. Boat nelayan itu pun ditowing hingga tiba di Pelabuhan Teluk Dalam, ” jelas Asanimu.

Dengan telah dievakuasinya ketiga korban, maka operasi SAR selesai dan ditutup. Seluruh unsur SAR terkait kembali ke satuan masing-masing.

Diketahui sebelumnya, Tiga nelayan dinyatakan hilang saat melaut di perairan Pulau-Pulau Batu menuju Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara, pada Selasa, (26/10/2021) kemarin.

Perahu yang dinaiki tiga nelayan itu hilang kontak di sekitar Pulau Biang Kecamatan Pulau-Pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan. Perahu tersebut bertolak dari pelabuhan Pulau Tello, menuju Pelabuhan Teluk Dalam pada Selasa, 26 Oktober 2021 sekitar pukul 09.00 WIB.

Saat tiba di pelabuhan Teluk Dalam, hanya lima unit perahu yang sampai. Sementara perahu yang ditumpangi ketiga korban tak kunjung tiba. Diduga perahu itu hilang sekitar pukul 23.45 WIB.

Pencarian perahu yang ditumpangi ketiga korban dilakukan oleh pihak keluarga dibantu masyarakat, tetapi perahu yang ditumpangi ketiga korban tak kunjung ditemukan. SAR Nias pun meluncur ke lokasi untuk membantu pencarian ketiga korban.

(Nor)

Berita sebelumyaSeorang Pemuda di Siantar Ditangkap Usai Cabuli Bocah
Berita berikutnyaKSI dan PLN Serahkan Taman Mangkubumi ke Pemko Medan