
garudaonline – Bandung | Di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) tetap berupaya melindungi petugas frontliner di stasiun dan di atas kereta api dengan penerapan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Para petugas frontliner juga menjadi prioritas KAI dalam melakukan vaksinasi kepada pegawainya.
Komitmen KAI untuk melindungi para petugas frontliner mendapat dukungan dari PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia) dengan memberikan 33.000 buah masker AIRism yang diperuntukan bagi petugas frontliner KAI Group. Pendistribusian masker telah dilakukan sejak 12 Juli s.d 22 Juli 2021.
Adapun secara simbolis dukungan tersebut diberikan kepada CDD of Passanger Transport Marketing & Sales KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji oleh Director of Corporate Affairs PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia) Irma Yunita secara virtual, Kamis (5/8).
“KAI mengucapkan terima kasih kepada PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia) yang telah mendonasikan 33.000 buah masker AIRsm bagi pegawai KAI yang bertugas di garda depan melayani masyarakat. Semoga kerja sama dan kolaborasi yang baik ini terus terbina dalam kegiatan lainnya, bersama membangun Indonesia dalam harmonisasi,” ujar Raden Agus Dwinanto Budiadji.
Director of Corporate Affairs PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia) Irma Yunita mengatakan bantuan ini sebagai wujud komitmen UNIQLO dalam berkontribusi kepada masyarakat, serta bagian dari upaya aktif pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia.
“Program ini bertujuan untuk mendukung para pihak yang bekerja sebagai garda depan di perusahaan-perusahaan penyedia layanan transportasi umum dalam penerapan protokol kesehatan untuk mencegah paparan Covid-19. Kami berharap dengan adanya dukungan ini, dapat membantu dan memberikan kenyamanan, perlindungan, serta energi positif bagi seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya rekan-rekan di KAI sebagai salah satu garda depan dalam penyediaan transportasi publik,” kata Irma Yunita.
VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan KAI berkomitmen untuk melindungi seluruh pegawai dan pelanggan dari paparan Covid-19, terlebih bagi para petugas frontliner yang mobilitasnya tinggi dan sering berinteraksi langsung dengan pelanggan.
Petugas frontliner KAI antara lain petugas loket, customer service, petugas boarding, kondektur, teknisi, Polsuska, cleaning service, dan masinis. Sebagai garda terdepan, seluruh petugas frontliner KAI selalu mengutamakan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.
Para petugas frontliner KAI juga menjadi prioritas dalam program vaksinasi Covid-19 pegawai KAI. Saat ini, jumlah pegawai KAI Group yang telah divaksin mencapai 41.463 pegawai atau 90% dari total pegawai.
“Vaksinasi bagi petugas frontliner KAI menjadi hal yg sangat penting agar kami tetap bisa memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan,” kata Joni.
Joni mengatakan, sejak adanya pandemi Covid-19, KAI juga secara konsisten melindungi pelanggan di atas kereta api di antaranya dengan memberikan healthy kit berisi Masker KF94, Tisu disinfektan, serta Packaging (zipper) 12cm x 22cm bagi pelanggan KA Jarak Jauh.
Di samping itu, KAI berkolaborasi dengan instansi-instansi terkait juga memberikan layanan vaksin Covid-19 secara gratis di berbagai stasiun kepada pelanggan dan masyarakat.
Tentang Kereta Api Indonesia
PT Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan operator Kereta Api di Indonesia dengan jumlah angkutan pada 2019 mencapai 429 Juta pelanggan dan 48 juta ton barang.
Untuk layanan Angkutan Penumpang, KAI memiliki layanan Kereta Jarak Jauh, Kereta Lokal, Kereta Wisata, KRL Commuterline, KA Bandara di Medan, Padang, Jakarta, Yogyakarta , Solo juga di Palembang melalui layanan LRT Sumatera Selatan. Untuk Angkutan Barang, KAI melayani komoditas seperti batu bara, semen, peti kemas, perkebunan, BBM, produk sayur mayur, buah-buahan, UMKM, E-commerce dan lainnya.
Pada masa Adaptasi Kebiasaan baru, KAI menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada perjalanan kereta api sesuai aturan pemerintah. Hal tersebut bertujuan untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai ditujuan.
Tentang UNIQLO LifeWear
Busana yang berasal dari budaya Jepang yang menghargai kesederhanaan, kualitas terbaik, dan ketahanan. Didesain untuk saat ini dan dari waktu ke waktu, LifeWear diciptakan dengan modern dan elegan untuk menjadi komponen gaya masing-masing individu. Sebuah kemeja sempurna yang senantiasa dibuat lebih sempurna. Desain sederhana yang menyembunyikan detail-detail modern dan penuh pemikiran. Potongan dan bahan terbaik yang dibuat agar mudah didapatkan dengan harga terjangkau. LifeWear merupakan pakaian yang terus diperbarui, memberikan kehangatan, lebih ringan, desain yang lebih baik, dan lebih nyaman bagi kehidupan masyarakat.
Tentang UNIQLO and Fast Retailing
UNIQLO adalah merek pakaian milik fast Retailing Co, Ltd., sebuah perusahaan ritel global terkemuka dari Jepang yang berpusat di Tokyo. UNIQLO merupakan merek terbesar dari enam merek dagang lainnya di grup Fast Retailing, seperti GU, J Brand, Theory, Comptoir des Cotonniers, dan Princesse tam.tam. Dengan nilai penjualan global sekitar 2,2905 Triliun Yen untuk tahun 2019, tahun fiskal yang berakhir pada 31 Agustus 2019, (USD 21,53 milyar, dihitung dengan kurs pada akhir Agustus 2019 1 US Dollar = 106,4 Yen) Fast Retailing merupakan salah satu perusahaan ritel pakaian terbesar di dunia, dan UNIQLO merupakan peritel spesialis utama di Jepang.
UNIQLO terus membuka toko berskala besar di beberapa kota dan lokasi penting di dunia, sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat statusnya sebagai sebuah brand global. Saat ini UNIQLO memiliki lebih dari 2.000 toko di 25 pasar dunia termasuk Jepang, Australia, Belgia, Kanada, China, Denmark, Perancis, Jerman, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Belanda, Filipina, Rusia, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Taiwan, Thailand, Inggris, Amerika Serikat dan Vietnam. Selain itu, UNIQLO mendirikan suatu model bisnis sosial yang didirikan di Bangladesh bersama dengan Bank Grameen di tahun 2010, dan kini sudah berdiri beberapa toko Grameen-UNIQLO di Dkaha.
Seiring dengan komitmen perusahaan untuk changing clothes, changing conventional wisdom and change the world, Fast Retailing berdedikasi untuk menciptakan pakaian berkualitas dengan nilai unik dan baru yang diharapkan mampu memperkaya kehidupan orang-orang dimanapun.
(rel/wan)