Siska Divonis Onslag, JPU Ajukan Kasasi ke MA

155
Siska Sari W Maulidina alias Siska

garudaonline – Medan | Tak terbukti menipu mantan kekasihnya, Rudi Hartono Bangun selaku anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem senilai Rp 4 miliar, Siska Sari W Maulidina alias Siska divonis bebas (onslag) oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (17/11/2021).

“Menyatakan perbuatan Siska terbukti sebagaimana dalam dakwaan penuntut umum. Akan tetapi, perbuatan itu tidak merupakan tindak pidana. Melepaskan terdakwa dari segala tuntutan hukum (onslag van alle rechtsvervolging),” ujar Hakim Ketua, Tengku Oyong di Ruang Cakra VII.

Majelis hakim menyatakan bahwa Siska dan Rudi merupakan pasangan kekasih. Selama menjalin hubungan asmara dengan Rudi, Siska disebut hakim tidak ada merangkai kata-kata bohong yang melanggar undang-undang.

“Terdakwa tidak ada melakukan atau menyampaikan rangkaian kata-kata bohong¬† yang dilarang oleh undang-undang,” pungkas hakim.

Menurut majelis hakim, bahwa konstruksi hukum yang dilakukan oleh Siska dengan Rudi dalam hal pemberian uang dan barang-barang, didasarkan hubungan suka sama suka serta tidak bertentangan dengan undang-undang.

“Tidak mengandung perbuatan yang dilarang atau bertentangan dengan undang-undang. Justru perbuatan tersebut diperbolehkan dalam masyarakat,” cetus hakim Tengku Oyong.

Usai sidang, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rahmi Shafrina yang sebelumnya menuntut Siska dengan pidana penjara selama 10 tahun dan denda Rp 2 miliar subsider 6 bulan kurungan menyatakan akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

“Kalau perkara onslag akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung,” ucap JPU. Di luar sidang, Siska mengatakan sangat mengapresiasi putusan majelis hakim. Siska menilai, putusan tersebut sudah mencerminkan keadilan baginya.

“Saya sangat mengapresiasi keputusan majelis hakim. Ternyata masih ada keadilan di negara ini untuk saya. Seperti kata majelis hakim tadi, perbuatan kami dilakukan atas dasar suka sama suka tidak ada unsur penipuan,” kata Siska.

Siska menambahkan, terkait sejumlah transferan yang sebelumnya dijadikan jaksa sebagai alat bukti, merupakan bagian hubungan pacaran antara dirinya dan Rudi Hartono. “Aliran dana itu memang karena kami punya hubungan,” tandas Siska.

(RD)

Berita sebelumyaBeri Ucapan Selamat, Ini Arahan Kapolri kepada 1.234 Serdik PAG Gelombang II
Berita berikutnyaPemprov Sumut Gelontorkan 22.000 Liter Minyak Goreng Lewat Pasar Murah