Sukhyar Mulianto : BPK’ 45 Akan Gali Kembali Situs Kejuangan Langkat

162
Drs H Sukhyar Mulianto MSi (tengah) saat memberikan keterangan pers

garudaonline-Langkat | Badan Pembudayaan Kejuangan (BPK) ’45 Kabupaten Langkat melalui program Pembudayaan NKBI akan menggali kembali situs kejuangan yang ada di Kabupaten Langkat.

Hal itu ditegaskan Ketua Badan Pembudayaan Kejuangan ’45 Langkat Drs H Sukhyar Mulianto MSi, usai rapat pleno BPK-45, Munggu (10/10/2021) di Gedung Juang ’45 Stabat.

Lebih jauh disampaikan Sukhyar, pasca dikukuhkannya kepengurusan BPK45 Langkat, pihaknya akan melaksanakan program kerja yang telah diamanahkan.

“Perlu kita ketahui Langkat memiliki sejarah heroik dalam melawan penjajah,” kata Sukhyar.

Di samping itu bumi Langkat memiliki sumber daya migas di Pangkalan Brandan yang merupakan cikal bakal minyak di Indonesia saat itu.

Ketika terjadi agresi I oleh Belanda pada 1947, dan Belanda berupaya untuk menguasai kilang minyak Pangkalan Brandan.

Namun, upaya Belanda mampu dihadang oleh para pejuang Langkat Area waktu itu, Belanda sudah sampai di daerah Gebang.

“Akhirnya, para pejuang bertekad dari pada dikuasasi oleh penjajah lebih baik kilang minyak dibumihanguskan,” ungkap Sukhyar.

Peristiwa inilah yang kita kenal hingga sampai saat ini menjadi momen sejarah salah satu kejuangan diberi nama ‘Brandan Bumi Hangus’ yang setiap tahun terus diperingati.

“Masih banyak lagi situs perjuangan di Langkat yang akan kami gali lagi dengan tujuan agar anak cucu kita ke depan tahu bahwa Langkat punya sejarah perjuangan,” ujarnya.

Untuk itu, tambah mantan ketua PPM Langkat ini, sejak diamanahkan memimpin BPK ’45 Langkat, pihaknya melakukan gerakan, di antaranya pemancangan bendera merah putih di lima makam Veteran Pejuang Kemerdekaan RI pada Agustus 2022 lalu.

Selanjutnya, usai pengukuhan pada 24 September 2021 lalu dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan Wawasan Kebangsaan RI Angkatan I.

Pada acara pengukuhan pengurus BPK45 Langkat juga dilaksanakan Nota Kesepahaman dengan Perguruan Tinggi Graha Kirana Medan dan Cabdis Pendidikan Langkat-Binjai.

Selanjutnya pada rapat pengurus hari ini (Minggu-red) kembali melaksanakan pemancangan bendera merah putih di makam Veteran yang berada di kecamatan Bahorok, Stabat, Hinai, Babalan, Sei Lepan dan Brandan Barat, yang pelaksanaannya 6 s/d 8 November 2021 mendatang.

Sedangkan, untuk kegiatan pembekalan Wawasan Kebangsaan RI Angkatan II akan dilaksanakan 30 Novemver 2021 mendatang dengan jumlah peserta sebanyak 31 orang dari utusan pelajar SLTA, Al Washliyah dan BKPRMI Langkat.

Sebenarnya masih banyak lagi nilai-nilai kejuangan di bumi Langkat ini. “Karenanya melalui Nota Kesepahaman yang kami lakukan dengan Perguruan Tinggi Graha Kirana Medan tidak lain salah satunya adalah menggali potensi kejuangan di bumi Langkat,” kata Sukhyar.

Dari penelitian ini nantinya akan dijadikan satu buku sejarah kejuangan di Langkat. Di samping itu ada beberapa poin lagi yang sifatnya membantu program pemerintah kabupaten Langkat.

Sukhyar berharap, baik Pemkab Langkat maupun DPRD Langkat dapat memberi dukungan penuh progran dari Badan Pembudayaan Kejuangan ’45 Kabupaten Langkat.

“Hal ini untuk pelestarian budaya kejuangan atau memberi pembekalan kepada generasi muda dengan tujuan mereka tahu dan paham, bahwa Langkat punya sejarah perlawanan terhadap penjajah,” kata Sukhyar.(SLM)

Berita sebelumyaPolres Bireuen Ringkus Kakeek-Nenek dan Ibu Pembuang Bayi
Berita berikutnyaTiga Kepala Puskesmas Jajaran Dinkes Langkat Dilantik