Sumut Butuh 700 Atlet Bertarung di PON XXI

243
Atlet sepatu roda Sumut yang tampil di PON XX Papua 2021. Dari cabor ini, Sumut memperoleh 2 medali perak atas nama Muhammad Khadafi dan Khansa Nayra Qatrinada

garudaonline – Medan | Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI pada 13 Oktober 2024.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi ingin dilakukan banyak persiapan salah satunya dengan memperkuat pencarian atlet berbakat.

“Ada 33 kabupaten/kota di Sumut, dan sekitar 14 juta masyarakatnya, kita perlu mencari sekitar 700 orang untuk menjadi atlet. Saya yakin, di daerah-daerah itu ada mutiara-mutiara yang bisa menjadi kebanggaan untuk Sumut di bidang olahraga,” kata Gubernur Edy Rahmayadi, Senin (1/11/2021).

Edy Rahmayadi berharap Sumut bisa menorehkan prestasi yang membanggakan pada kompetisi ini. Selain itu, target utama menurut Edy adalah menjadi juara.

“Sudah pasti target kita itu juara, kita sedang merencanakan beberapa strategi yang tepat untuk mencapai itu, salah satunya adalah dengan menjaring talenta-talenta daerah. Caranya dengan memperbanyak kompetisi di daerah-daerah dari desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi,” terang Edy.

Selain itu, Edy juga menjelaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga meningkatkan fasilitas olahraga dan pelatih untuk persiapan PON XXI di antaranya dengan membangun training camp khusus yang diharapkan mampu mendorong kemampuan atlet.

“Itu juga kita upayakan, sarana dan prasarana latihan, salah satunya training camp di Siosar untuk melatih jantung dan paru-paru atlet kita. Selain itu, kita juga berupaya meningkatkan kualitas pelatih kita untuk mendorong kesuksesan atlet,” paparnya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut John Ismadi Lubis mengatakan saat ini Sumut memiliki sekitar 113 pelatih yang terdiri dari 54 orang mantan pelatih PON Papua dan 59 pelatih Pelatda jangka panjang. Sedangkan untuk atlet 186 eks PON Papua dan 311 atlet Pelatda jangka panjang.

“Kita akan perkuat penjaringan atlet kita kemudian kita seleksi sehingga kita benar-benar mendapat atlet yang berkualitas. Seperti yang dijelaskan Pak Gubernur, kompetisi di daerah itu sangat penting untuk menjaring talenta-talenta muda,” ucap John Ismadi Lubis.

(Nor)

Berita sebelumyaIslam Memandang Kekuasaan Sarana Sempurnakan Pengabdian pada Allah
Berita berikutnyaMeriah, Perayaan HUT ke-62 Pemuda Pancasila di Puncak Sigantang Sira