Tiorita Minta Wanita Langkat Periksa Iva Test di Puskesmas

228
Ketua YKI Ny PA Teorita Terbit Rencana saat memberikan makanan tambahan bagi balita

garudaonline-Langkat | Ketua Pengurus Cabang Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Langkat, Tiorita Terbit Rencana, meninjau pelaksanaan USG ibu hamil.

Pemeriksaan Iva Test bagi pasangan usia subur, serta pemberian makanan tambahan ibu hamil, bayi dan balita, di Puskesmas Selesai, Kecamatan Selesai, Langkat, Rabu (18/8/2021).

Pada kesempatan itu, Tiorita yang juga Ketua TP PKK Langkat mengatakan, layanan kesehatan gratis ini pertama kali diselenggarakan atas kerja sama YKI dengan Dinkes Langkat.

Harapannya, melalui pemeriksaan Iva Test, bisa mendeteksi penyakit kanker serviks sejak dini, yang menjangkit organ terpenting wanita.

Ia juga sangat berharap, agar seluruh perempuan di Langkat melakukan Iva Test guna mendeteksi dan mencegah kanker serviks sejak dini.

“Mari periksakan diri kita ke Puskesmas pakai Iva Test, untuk mengetahui positif pra kanker atau tidak,” jelas Tiorita.

Sembari menyampaikan, pertahun sebanyak 490 ribu perempuan dari seluruh dunia, terkena kanker serviks. Ada sekitar 80 persen penderitanya berasal dari negara berkembang, termasuk Indonesia.

Ikut mendampingi Ketua YKI Langkat, Wakil Ketua TP PKK Langkat, Roro Endang Indra Salahuddin beserta pengurus.

Turut hadir Camat Selesai Robby Deritawan Sitepu dan Forkopimca Selesai, Kapus Puskesmas Selesai Eli Erna, dan undangan lainnya.(SLM)

Berita sebelumyaImam Besar BMU Serahkan Tiga Rumah untuk Janda di Pidie
Berita berikutnyaBupati Asahan Ajak PTPN IV Sukseskan Vaksinasi Covid-19