TNI AL Gagalkan Penyelundupan 4 Kg Sabu dari Malaysia

340

garudaonline – Batam l Pangkalan TNI Angkatan Laut Batam (Lanal Batam) berhasil menangkap dua kurir yang menyelundupkan narkoba jenis sabu seberat 4 kg, Kamis (25/3/2021).

Barang haram itu dibawa dari Malaysia di Pulau Judah Kecamatan Moro Kabupaten Tanjung Balai Karimun.

Komandan Lantamal IV Laksma TNI Indarto Budiarto mengatakan penangkapan dilakukan pada Rabu 24 Maret 2021 sekitar pukul 08.00 WIB. Tim Lanal Batam menangkap dua orang dengan inisial ‘M’ (39) dan ‘K’ (37) di Pelantar Pulau Judah, Kecamatan Moro Kabupaten Tanjung Balai Karimun. Kedua pria tersebut membawa 4 bungkus paket sabu seberat kurang lebih 4 Kg.

“Selanjutnya pelaku dan barang bukti dibawa ke Mako Lanal untuk dilakukan proses hukum,” kata Indarto didampingi Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Sumantri serta BNN Kota Batam.

Dia menyebutkan penyelundupan narkotika itu dapat digagalkan berkat laporan masyarakat  yang ditindak lanjuti Lanal Batam. Petugas lalu melakukan pengamatan dan penyelidikan serta penyekatan yang melibatkan KAL Pulau Nipah dan Sea Rider.

“Terhadap dua orang pelaku beserta barang bukti berupa 4 Kg sabu selanjutnya diserahkan BNN untuk diproses hukum lebih lanjut,” pungkasnya.

Menyikapi penangkapan tersebut, Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI A. Rasyid  mengatakan penangkapan dua pelaku yang membawa narkoba jenis sabu di Pelantar Pulau Judah, Kecamatan Moro Kabupaten Tanjung Balai Karimun merupakan bentuk kerjasama petugas dan masyarakat yang memberikan informasi di lapangan.

“Sekecil apapun informasi akan kita tindak lanjuti sebagai upaya untuk mencegah keluar masuknya barang haram melalui perairan di Wilayah Kerja Koarmada I. Kita berharap dengan kehadiran patroli dan melakukan pengawasan di perairan khususnya perairan yang disinyalir menjadi jalur penyelundupan narkotika ini. Para pelaku akan mengurungkan niat pelaku untuk melakukan aksi penyelundupan barang haram,” sebutnya.

Menindaklanjuti Komitmen Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, Koarmada I tidak akan pernah mengendorkan komitmennya dalam melakukan pemberantasan segala bentuk pelanggaran hukum dan kejahatan di laut yurisdiksi nasional, utamanya di wilayah kerja Koarmada I, walaupun di tengah Pandemi Covid-19. (NOR)

Berita sebelumyaPolri Sediakan Layanan Call Center 110
Berita berikutnyaUsut Korupsi Pengalihan Hutan Tele, Penyidik Tahan Eks Kades Partungko Naginjang