Uni Zulfiani Lubis Kembali Pimpin FJPI Periode 2021-2024

85
Uni Zulfiani. (Ist)
Uni Zulfiani. (Ist)

garudaonline – Medan l Uni Zulfiani Lubis (Uni Lubis), Pemimpin Redaksi IDN Times, kembali dipilih menjadi Ketua Umum Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Periode 2021-2024, berduet dengan Khairiah Lubis sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Keduanya terpilih secara aklamasi dalam Kongres Nasional ke II FJPI, pada Sabtu (5/2) pagi, yang diselenggarakan melalui Zoom Meeting. Ini adalah periode ke-dua, setelah pasangan ini sukses memimpin FJPI Periode 2018-2021.

Pemilihan secara virtual ini dihadiri oleh sebelas perwakilan Cabang FJPI dari seluruh Indonesia, yakni; Sumatra Utara, Aceh, Jambi, Sumatra Barat, Riau, Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Dalam Kongres ini, semua Cabang FJPI masih mengusulkan Uni Lubis dan Khairiyah Lubis kembali sebagai Ketua dan Sekjen FJPI. Dalam kata sambutannya, Uni Zulfiani mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang kembali diberikan kepadanya.

“Terimakasih untuk kerjasama semua pengurus dan seluruh anggota FJPI di seluruh Indonesia, dalam memperkokoh dan memperluas jaringan FJPI di seluruh daerah selama ini, meski dalam keterbatasan pandemi. Situasi yang mengakibatkan FJPI tidak bisa mengadakan pertemuan secara tatap muka,” ujarnya.

Namun demikian, banyaknya acara berupa pelatihan-pelatihan melalui Webinar yang telah diadakan, merupakan bentuk keberadaan yang aktif dan positif, serta menunjukkan jati diri FJPI di Indonesia.

“Alhamdulillah, sepanjang 2021, tahun ke-3 pandemi, kita telah mengadakan 13 Webinar, dengan mengundang orang-orang yang bervariasi latar belakang profesi dan keilmuan dan jelas kompeten,” ungkap Uni Lubis.

Dalam waktu dekat, FJPI juga akan mengadakan kerjasama dengan beberapa pihak, untuk lebih memperkuat FJPI secara internal dan eksternal.

“InsyaAllah, amanah ini akan kami emban, untuk tetap memperkuat FJPI ke depannya”, ujar Uni.

FJPI, menurut Uni Lubis, lebih berorientasi pada peningkatan kualitas jurnalis perempuan. “Kita mendukung Good Jurnalism, dengan terus belajar, meningkatkan profesionalisme agar bisa menerapkan Good Jurnalisme dalam kerja jurnalistik setiap hari. Bukan hanya dengan mengkampanyekan Good Jurnalism. Tapi menjalankannya. Saya juga menyarankan jurnalis rajin ikut lomba karena tidak semua pihak berpandangan sama”, katanya.

Ke depan, FJPI akan mengadakan kompetisi untuk jurnalis perempuan yang tergabung di FPJI, agar semua anggota FJPI lebih bersemangat untuk meningkatkan kualitasnya masing-masing, baik secara personal, maupun secara teamwork di era kolaborasi.

Selanjutnya, setelah Kongres, dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2022, FJPI bekerjasama dengan Dewan Pers, menggelar webinar dengan tema “Tantangan Jurnalis Perempuan di Era Digital”, dengan menghadirkan pembicara: Rosianna Silalahi, Pemimpin Redaksi Kompas TV yang berbicara soal Menjadi Jurnalis Perempuan di Era Digital. Agus Sudibyo, Anggota Dewan Pers menyampaikan Peran Dewan Pers dalam Industri Media di Era Digital.

Dan tak kalah menarik, FJPI juga menghadirkan Oky Dwiputra, Industry Partnership Manager Tiktok Indonesia yang memaparkan Pemanfaatan Tiktok untuk Kreativitas Media Jurnalis Perempuan. (Nor)

Berita sebelumyaKodrat Shah Kembali Pimpin MPW Pemuda Pancasila Sumut Periode 2022- 2027
Berita berikutnyaTiga Ekor Harimau Sumatera Lahir di Sanctuary Harimau Barumun