Video Bocah Menangkap Buaya di Labuhanbatu Utara Viral

152
Bocah menangkap buaya

garudaonline – Aek Kuo | Video seorang anak laki-laki menangkap seekor buaya dengan tangan kosong viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi di aliran sungai di Dusun III, Parit Minyak, Desa Aek Korsik, Kecamatan Aek Kuo, Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara (Sumut)

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @potretlabura, terlihat beberapa anak bermain di sekitar buaya. Kemudian seorang anak laki-laki menangkap dan mengikat mulut buaya tersebut.

Setelah menangkap buaya itu, anak tersebut kemudian melepas liarkan buaya tersebut. Aksi bocah tersebut dianggap tak lazim lantaran selama ini hanya pawang buaya profesional yang sudah terbiasa berhadapan dengan buaya.

Kepala Seksi Konservasi BBKSDA Wilayah III Kisaran Alfianto Luat Siregar mengatakan buaya yang ditangkap bocah tersebut berjenis Buaya Senyulong atau buaya ikan. Buaya tersebut dilindungi sesuai PermenLHK No. 106/2018

“Benar itu videonya. Itu jenis Buaya Senyulong. Memang di sana habitatnya. Kalau di Aek Kuo mayoritas Buaya Senyulong. Kita juga pernah menangani buaya dia Aek Kuo,” kata Alfianto, Selasa (9/11/2021).

Menurut Alfianto selama ini Buaya Senyulong belum pernah menyerang masyarakat di sana. Pasalnya buaya tersebut pemakan ikan.

“Jenis Buaya Senyulong belum pernah menyerang manusia. Buaya tersebut dilindungi sesuai PermenLHK No. 106/2018. Kita juga sudah sering kita ke sana. Koordinasi dengan BPBD dan Polsek terkait satwa liar dilindungi,” ungkapnya.

Alfianto menduga, buaya tersebut naik ke permukaan karena saat ini musim penghujan menyebabkan debit air sungai meningkat.

“Karena musim penghujan, jadi naik atau tersesat ke perkebunan sawit. Kalaupun di sana ada Buaya Muara, biasanya terikut luapan dari sungai lain seperti Sungai Kualuh,” bebernya.

(Nor)

Berita sebelumyaDinilai Terbukti Nipu Miliaran Rupiah, Mantan Napi Ini Dituntut 3 Tahun Penjara
Berita berikutnyaKapolda Sumut Tunjuk Kompol Muhammad Firdaus Sebagai Ps Kasatreskrim Polrestabes Medan