Wali Kota Amir Hamzah Buka Musrenbang RPJMD Binjai 2021-2026

114
Wali Kota Binjai H Amir Hamzah saat membuka Musrenbang penyusunan RPJMD Kota Binjai 2021-2026

garudaonline-Binjai | Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Binjai 2021-2026 di Aula Pemko, Kamis (24/06/2021)

Turut hadir Staf Ahli Gubernur Sumut Bagian Hukum, Politik Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP, Sekretaris Bappeda Provsu Yosi Sukmono ST, Ketua DPRD Binjai H Noor Sri Alamsyah Putra, Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, Ketua TP PKK Kota Binjai Dra Hj Nurhayati Amir Hamzah, Forkopimda, pemuka agama, masyarakat serta undangan lainnya.

Wali kota mengatakan, yang menjadi fokus utama perencanaan pembangunan 5 tahun ke depan diantaranya pertumbuhan ekonomi daerah yang pada 2020 terkoreksi sebesar minus 1,83 untuk tahun 2026 ditargetkan menjadi 5,70 dengan beberapa program.

Seperti penguatan UKM dan IKM Kota Binjai, pengembangan infrastruktur, peningkatan daya saing industri kreatif dan meningkatkan kualitas ekonomi kreatif.

“Tingkat kemiskinan pada 2020 naik 0,05 poin menjadi 5,72 untuk itu 2026 kita targetkan menurun menjadi 4,80 dengan peningkatan daya saing ekonomi daerah serta pengurangan kesenjangan wilayah melalui ketersediaan dan kualitas infrastruktur merata,” kata wali kota.

Wali kota menambahkan, tingkat pengangguran terbuka 2020 meningkat dari 2,53 menjadi 8,67 poin. Untuk itu, 2026 ditargetkan menurun menjadi 5,50 dengan memperluas kesempatan kerja dan peluang usaha, peningkatan kualifikasi tenaga kerja serta pembangunan balai latihan kerja di Kota Binjai.

“Kita juga berupaya menyelesaikan masalah-masalah sosial seperti menurunkan tingkat kriminalitas dan penyalahgunaan narkoba serta menjaga lingkungan hidup yang berkualitas,” sebut wali kota.

Sementara itu, Staf Ahli Gubsu Binsar Situmorang mengatakan, forum Musrenbang memiliki makna sangat penting dan strategis bagi seluruh pemangku kepentingan.

Yakni, dalam rangka penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap usulan rencana pembangunan 5 tahunan sehingga tercapainya kesepakatan terhadap rancangan RPJMD 2021-2026 yang telah disusun Pemerintah Kota Binjai.

“Semoga melalui penyelenggaraan Musrenbang ini, kita dapat merumuskan RPJMD lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan sedang kita hadapi saat ini, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Binjai,” ujarnya.

Ketua DPRD Kota Binjai H Noor Sri Alamsyah Putra mengingatkan semua pihak, rencana pembangunan yang disusun, selain berpedoman pada perencanaan pembangunan nasional juga harus berjalan dengan visi misi wali kota terpilih. (anora)

Berita sebelumyaLagi, Polres Tanjung Balai Fasilitasi Vaksinasi Massal 1.085 Orang
Berita berikutnyaSei Bilah dan Aman Damai Langkat Masuk Final Desa Terbaik Sumut