Warga Tangkap Buaya Muara di Sungai Aek Natas

111
Warga menangkap seekor Buaya Muara di Sungai Aek Natas

garudaonline – Aek Natas | Seekor buaya muara kerap muncul di sekitar Sungai Aek Natas di Kelurahan Bandar Durian, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara

Warga pun menangkap buaya muara sepanjang 143 centimer dan lebar sekitar 26 centimeter itu. Sebab selama ini warga kerap beraktivitas di sungai tersebut.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran Alfianto Luat Siregar mengatakan warga sekitar resah dengan kemunculan buaya muara.

“Apalagi mengingat tingginya aktivitas warga di pinggir sungai. Warga berinisiatif untuk menangkap satwa itu,” kata Sabtu (18/9/2021).

Menurutnya warga sekitar melihat kemunculan buaya muara pada Kamis (16/9/2021). Warga kemudian sepakat untuk menangkap buaya muara tersebut.

“Penangkapan yang dilakukan pada Jumat (17/9/2021), menggunakan alat seadanya. Setelah ditangkap warga lalu melapor ke BPBD Kabupaten Labuhanbatu,” jelasnya.

Buaya muara diamankan ke sebuah kolam milik salah satu warga. Setelah menerima laporan dari BPBD Kabupaten Labuhanbatu, petugas melakukan evakuasi terhadap buaya tersebut.

“Buaya itu lalu dititipkan ke penangkaran buaya mitra kerja Balai Besar KSDA Sumatera Utara, di Desa Simpang Gambus, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara,” paparnya.

(Nor)

Berita sebelumyaKAI Buka Rekrutmen untuk Berbagai Formasi
Berita berikutnyaForkopimda Jatim Tinjau Vaksinasi di Kampus IAI Al Qolam Malang